Ada Posko Pemeriksaan Kesehatan Hewan Kurban di Dispertanak – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Ada Posko Pemeriksaan Kesehatan Hewan Kurban di Dispertanak

460 Ekor Sapi Bali Dipasok dari Luar Daerah

foto poskoKOLAKA POS, Palopo – Mendekati hari Raya Idul Adha 1437 H, Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo melalui Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) telah membentuk posko pengawasan dan pemeriksaan kesehatan hewan kurban.
Kasi Kesehatan Hewan Dispertanak Palopo, drh Burhanuddin mengatakan, posko ini khusus mengawasi kondisi kesehatan hewan yang akan dipotong, apakah hewan itu sehat atau terkena penyakit. Apakah layak disembelih atau tidak.
Burhanuddin mengimbau seluruh instansi pemerintah maupun swasta, kelompok masyarakat atau perorangan yang akan menyelenggarakan pemotongan hewan kurban, agar melaporkan hewan kurbanya sebelum disembelih, untuk mencegah penyebaran penyakit hewan ke organ tubuh manusia.
“Di posko ini, hewan yang akan disembelih diperiksa kesehatannya. Ini kami buka secara gratis tanpa dipungut biaya. Jadi, warga yang ingin menyembelih hewannya silahkan mengunjungi posko yang ada di samping kantor Dispertanak,” kata drh Burhanuddin.
Menurut drh Burhanuddin, dirinya bersama tim sudah melakukan pemeriksaan di tiga tempat penampungan hewan. Pertama di Kelurahan Songka, Kecamatan Wara Selatan. Lalu di dekat Islamic Center dan tempat penampungan hewan yang ada di Jl Andi Kambo.
“Sampai hari ini, kami tidak menemukan penyakit yang dapat menular kepada manusia,”ujarnya.
Informasi yang dihimpun Palopo Pos, dari tiga tempat penampungan hewan yang ada di Palopo itu, 300 ekor sapi bali disiapkan di tempat penampungan hewan yang ada di Kelurahan Songka. 100 ekor sapi disiapkan di tempat penampungan hewan yang ada di Jl Andi Kambo. Dan 60 ekor sapi bali disiapkan di tempat penampungan hewan di dekat Islamic Center. Harganya mulai Rp6 juta hingga Rp50 juta per ekor.
“Sekali lagi kita imbau agar memeriksakan kesehatan hewan yang akan disembelih ke posko Dispertanak. Ini sifatnya gratis,”tandasnya. (fmc)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top