Pembangunan Desa Tinondo Indah Berkembang Pesat – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Pembangunan Desa Tinondo Indah Berkembang Pesat

Kepala Desa Tinondo Indah, Abd. Mutalib H. saat menunjukkan realisasi Dana Desa APBN 2015-2016.FOTO : Andi Jumawi/Kolaka Pos

KOLAKA POS, WANGGUDU – Komitmen membangun desa Tinondo Indah terus digenjot Abd. Mutalib. Sebagai kepala desa, Abd. Mutalib berniat setulus hati untuk membangun wilayah pemekaran dari desa Paka Indah, kecamatan Oheo, Konawe Utara.
“Program membangun desa Tinondo Indah, sudah saya canangkan sejak saya menjabat sebagai pelaksana kepala desa tahun 2010,” ujarnya, Kamis (25/8).
Menurutnya, penduduk desa Tinondo Indah pada umumnya berprofesi sebagai petani kebun merica, palawija dan kayu gaharu. Meskipun petani di desa itu baru memulai, akan tetapi diharapkan bisa menopang roda perekonomian masyarakat di desanya.
Terkait dana desa melalui APBN, ia mengungkapkan bahwa? dengan adanya dana desa sejak tahun lalu, pembangunan di desanya mengalami peningkatan. “Alhamdulillah, dengan adanya dana desa yang bersumber dari APBN, kami bisa membangun desa, karena dulunya di desa kami ini jalanan selalu berlumpur karena tergenang air saat musim hujan seperti saat ini, namun setelah sudah dibangunkan drainasse dan duekker, kini jalan desa kami sudah baik dan bisa dilalui,” ungkapnya.
Ia menjelaskan, dana APBN 2015 digunakan untuk membangun drainasse sepanjang 400 meter lebih dan satu unit duekker, sehingga jalan desa kini sudah tak lagi rusak. Untuk dana APBN 2016 tahap pertama sebesar 60 persen digunakan untuk membangun drainasse sepanjang 336 meter, serta membeli alat untuk Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di desa.
Selain itu, pihaknya juga membangun Sarana Penyedia Air Minum (SPAM) yang mudah dijangkau masyarakat. Karena itu, ia membangun bak penampungan air yang airnya akan ditarik menggunakan mesin Alkon (Dinamo) tiga unit, dengan menggunakan pipa sepanjang 1.995 meter.
“Untuk Tim Pengelola Kegiatan (TPK) diketuai oleh Saparuddin, bendahara Marwan dan semua dijalankan sesuai Juknis yang kami terima dari pusat, dengan harapan tak terjadi kekeliruan apalagi kesalahan. Harapan saya, selaku kepala desa Tinondo Indah, tentunya diharapkan program Konawe Utara Sejahtera dan Beradab (KONASARA) dapat terwujud, dengan keikutsertaan dari semua elemen masyarakat daerah ini. Sehingga dalam pekerjaan apapun saya selalu turun mengecek pekerjaan tersebut, karena sudah menjadi tanggung jawab saya selaku pemerintah desa,” jelasnya.
Sementara itu, tokoh masyarakat desa Tinondo Indah Iwa Kartiwa, sangat mengapresiasi kinerja Kades Tinondo Indah Abd. Mutalib.
“Kami disini sangat berterima kasih atas kepemimpinan Abd. Mutalib, dimana kami selaku warga dilibatkan dalam pembangunan desa, terutama dalam hal pekerjaan pembangunan yang masuk di desa ini, baik dana dari daerah maupun dari pusat, kami selalu dipekerjakan sesuai harian orang kerja (HOK),” katanya. ?(k7)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top