Pemkab Konawe Genjot Peningkatan PAD – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Pemkab Konawe Genjot Peningkatan PAD

KOLAKA POS, UNAAHA – Sejak diberlakukannya pemotongan anggaran dana alokasi khusus (DAK) untuk daerah, dari Kementerian Keuangan. Bupati Konawe Kery Saiful Konggasa, mencari solusi agar anggaran yang telah terpangkas tidak menjadi kendala Pemkab Konawe, untuk terus melakukan pembangunan di Konawe.
Cara yang dilakukan mantan ketua DPRD Konawe ini untuk mensiasati pengurangan anggaran tersebut, yakni melakukan pemangkasan belanja daerah. Diharapkan dengan pengurangan belanja daerah ini, dimungkinkan penggunaan anggaran juga dapat diminimalisir. Sementara untuk dana pembangunan di Konawe agar tetap berjalan, maka Pendapatan Asli Daerah (PAD) terus digenjot pemasukanya ke kas daerah.
“Karena adanya pemangkasan anggaran dari Kementerian Keuangan, maka saat ini pemerintah daerah juga melakukan penyesuaian angka belanja, kita juga akan terus menggenjot PAD, sehingga geliat pembangunan tetap jalan sebagaimana mestinya,” katanya.
Meski pemangkasan anggaran ini berdampak pada pembangunan di Konawe, namun hal ini tidak menjadikan program pembangunan terhenti, seperti pembangunan fisik. Sebab, tidak bisa dipungkiri pembangunan fisik di Konawe juga berasal dari dana alokasi khusus, olehnya itu program yang sudah direncanakan akan tetap berjalan, karena selain dari DAK masih ada anggaran dari APBD yang akan diporsikan untuk pembangunan di Konawe.
“Pengaruhnya pasti ada. Tapi pengaruh terbesarnya itu ada pada pembangunan fisik. Karena selama ini, pembangunan di Konawe menggunakan DAK tapi tidak semua pengerjaan fisik, karena selain DAK kita juga menggunakan APBD untuk pembangunan fisik,” jelasnya.
Untuk itu, sektor-sektor yang menjadi PAD yang belum maksimal dikelola, diharapkan saat ini bisa maksimal. “Banyak pos-pos PAD di Konawe, salah satunya sektor wisata,” tandasnya. (m4)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top