Masyarakat Toari Butuh Tempat Penyimpanan Air – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

Masyarakat Toari Butuh Tempat Penyimpanan Air

KOLAKA POS, KOLAKA – Petani Kakao di Kecamatan Toari mengeluhkan tidak adanya bantuan penampungan air yang disimpan di kebun masyarakat. Untuk permohonan bantuan masyarakat mengaku sudah membuat proposal yang ditujukan kepada dinas perkebunan Kolaka. Namun sayangnya sampai saat ini bantuan tersebut tidak pernah direalisasikan.

Nawan salah satu petani di Kecamatan Toari mengatakan permohonan bantuan tempat penampungan air itu sudah ia layangan kepada dinas perkebunan Kolaka, dua tahun lalu. Namun sampai saat ini bantuan tersebut tidak kunjung datang. “Saya sudah masukkan proposal dua taun lalu untuk permintaan bantuan drum penyimpanan air, dan saya juga sering tanyakan namun katanya sabar, dan saya juga kayaknya harus bersabar,” ujar Nawan.

Lanjut ia mengatakan kebutuhan petani terhadap penampungan air pastinya sangat penting apalagi, saat ini kondisi iklim di Kolaka tidak bisa diprediksi. “Penampungan air itu, akan digunakan untuk petani jika akan melakukan perawatan penyemprotan di kebun mereka. Bayangkan saya setiap bulan petani harus melakukan penyemprotan dan harus mengambil air sejauh dua kilometer antara kebun dan sumber air,” ujarnya

Ia juga memohon kepada pemerintah kolaka agar memprioritaskan kebutuhan para petani yang ada di kecamatan Toari. “Kalau jumlah yang dibutuhkan petani perhektarnya itu sekitar dua hingga tiga drum, jadi kalau satu kecamatan akan direalisasikan itu sekitar tiga ribuan drum. Saya mengaharapkan pemerintah kolaka bisa merealisasikan khususnya di desa Wowoli kecamatan Toari,” tambahnya. (hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top