JCH Kolaka ke Makassar Dalam Tiga Gelombang – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

JCH Kolaka ke Makassar Dalam Tiga Gelombang

Untitled-1KOLAKA POS, KOLAKA – Jamaah Calon Haji (JCH) Kolaka yang akan berangkat tahun ini berjumlah 194 orang yang terdiri dari 193 reguler plus 1 jatah Pemda. Seluruh JCH itu dinyatakan siap dan dijadwalkan akan diberangkatkan pada Rabu pekan depan (31/8) melalui Bandara Sangia Nibandera Tanggetada menuju Makassar.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Jamaah Haji dan Umroh Kandepag Kolaka, Agus Ramadhan mengatakan seluruh JCH akan diterbangkan ke Makassar dalam tiga gelombang yakni pukul 08.45, 9.10 dan pukul 12.00. “Seluruh administrasi seperti visa dan paspor itu sudah siap. Begitupun dengan kesehatan JCH. Mereka sudah diperiksa kesehatannya oleh Dinkes dan juga akan divaksin karena cuaca di tanah suci berbeda dengan cuaca di Kolaka,” katanya.

Dari 194 JCH tahun ini, terdapat tiga Lansia yang berusia diatas 75 tahun. JCH paling tua tercatat berumur 77 tahun, sedangkan usia termuda 25 tahun. Walaupun demikian kata Agus, Kemenag Kolaka tetap memberikan perhatian yang sama kepada seluruh JCH tanpa melihat umur dan status lainnya. Apalagi JCH lansia katanya, telah memenuhi syarat dan peraturan yaitu sudah mendaftar minimal enam tahun. “Jadi, meskipun ada usia yang sudah masuk kategori lansia tetapi ia mendaftar setelah tahun 2010, maka ia tidak dapat diberangkatkan tahun ini,” jelasnya.

Agus menghimbau kepada seluruh JCH khususnya yang lansia untuk menjaga kesehatannya jelang keberangkatan dan selama beribadah di tanah suci. “Kami anjurkan kepada JCH untuk kurangi aktivitas dan perbanyak istirahat, karena ritual ibadah haji itu 80 persen ibadah fisik,” tuturnya. (hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top