Dipecat, Eks Karyawan PT. Mandala Mengadu ke Disnakertrans Muna – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Dipecat, Eks Karyawan PT. Mandala Mengadu ke Disnakertrans Muna

La Ode Ramdan saat mengadukan pemecatan dirinya di kantor Disnakertrans Muna.FOTO : Ahmad/Kolaka Pos

KOLAKA POS, RAHA – Salah seorang karyawan PT. Mandala Multifinance cabang Raha, La Ode Ramdan, terpaksa mengadukan pemecatan dirinya di kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Muna, lantaran tidak menerima pemecatan yang dianggapnya tidak prosedural. Sehingga karyawan yang bertindak sebagai kolektor itu, merasa dirugikan oleh pihak perusahaan.
Menurut La Ode Ramdan, ia dipecat sejak 1 Juni. Pasca dipecat, ia tak pernah mendapatkan surat pemberitahuan terkait dengan pemecatannya itu.
Selain itu, saat dipecat dirinya masih berada di wilayah kerjanya yakni Tampo, untuk menemui konsumen. “Katanya mereka saya tidak masuk kantor saat pagi. Tapi saat itu saya sudah izin sama Korwil (koordinator wilayah, red) pak Alwan untuk melakukan penagihan. Saat sorenya berkantor, wilayah penagihanku sudah diberikan pada orang lain. Dibarengi juga dengan pihak perusahaan mendengar kabar bahwa saya akan berhenti. Dengan dasar itu perusahaan langsung melakukan pemecatan. Saya tetap bekerja. Tapi pemecatanku juga tanpa klarifikasi. Tiba-tiba ada surat pemecatan. Harusnya dulu diberikan surat peringatan,” ungkapnya di kantor Disnakertrans Muna.
Pasca pemecatan dilakukan, ia sempat menemui kepala operasional PT. Mandala, Fajar, untuk meluruskan permasalahannya itu. Bahwa ia tidak akan berhenti sebagai karyawan. Namun, pihak perusahaan tetap bersikuku melakukan pemecatan.
“Saat ini pula saya belum mendapatkan pemberitahuan. Saya menuntut juga agar hak-hakku dibayarkan. Saya sudah bersurat juga ke Disnakertrans,” katanya.
Sementara itu, Kasi Hubungan Industrial Disnakertrans, Wa Lantano, berjanji akan memfasilitasi aduan La Ode Ramdan itu.
Disnakertrans juga akan bersurat ke PT. Mandala untuk menghadiri serta memberikan klarifikasi, atas pemecatan yang mereka lakukan terhadap karyawannya. “Suratnya masuk bulan Juli lalu. Namun masih menunggu Kadis Nakertrans yang berada di luar daerah. Pihak perusahaan nanti akan dipanggil untuk memberikan keterangan,” jelasnya.
Terpisah, Pimpinan PT. Mandala Karsimin, tak bisa ditemui.
“Dia lagi keluar pimpinan (Karsimin, red),” ucap salah seorang karyawan PT. Mandala saat ditemui awak media ini di kantornya.
Untuk diketahui, La Ode Ramdan pasca dipecat belum menerima pesangon dari perusahaan. Gajinya pun belum terbayarkan. (m1)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top