Tanduk Anoa Jadi Logo Khas Tenun Konsel – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Tanduk Anoa Jadi Logo Khas Tenun Konsel

foto tenun

Ketua Dekranasda Konsel, Nurlin Surunuddin.

KOLAKA POS, ANDOOLO – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Konawe Selatan (Konsel), akan memilih logo tanduk Anoa sebagai ciri khas sarung tenun olahan tangan Konsel. Pasalnya, sarung-sarung yang dipakai dan dipamerkan saat ini belum memiliki logo.
Ketua Dekranasda Konsel, Nurlin Surunuddin mengatakan, saat ini pihaknya sedang merancang logo tanduk Anoa tersebut, untuk dijadikan sebagai ciri khas Konsel.
“Logo itu nantinya akan dipasang pada sarung tenun, yang banyak dipakai oleh kaum perempuan. Tentu kedepan kita akan mempromosikan kerajinan tangan khas daerah Konsel ini,” katanya.
Pada 2017 mendatang lanjut dia, pihaknya sudah menyiapkan, bahkan sarung tenun ini pihaknya bersama beberapa kabupaten lain, telah memamerkan hasil karya masing-masing dihadapan ibu Presiden Iriana Jokowi dalam kegiatan ulang tahun Dekranas di Jakarta dan hal ini mendapatkan apresiasi dari ibu negara.
“Bombana sudah memilik logo, begitu juga dengan Konawe. Tinggal Konsel saja yang belum memiliki logo, tapi pada kegiatan itu ibu Iriana, membeli hasil karya kami yang sudah dipamerkan. Selain itu beliau juga memberikan apresiasi terhadap karya lokal Konsel,” ungkapnya.
Nurlin menambahkan, tenun ini akan dijadikan sebagai andalan Konsel, untuk itu pihaknya akan memproduksi tenun tersebut. Sehingga pada setiap pertemuan, pihaknya akan selalu menampilkan tenun Konsel.
“Dengan menampilkan tenun ini di pusat (Jakarta, red), tentu akan melekat bahwa tenun tersebut merupakan ciri khas Konsel,” tegasnya.
Selain kerajinan tenun, dengan melihat banyak potensi kerajinan yang ada di Konsel, pihaknya berinisiatif akan mengembangkan kerajinan lain yang dapat menopang pendapatan masyarakat di wilayah itu. (k5)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top