Polres Kolaka Tingkatkan Kualitas Penyidikan Kasus Narkoba – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

Polres Kolaka Tingkatkan Kualitas Penyidikan Kasus Narkoba

Suasana pelatihan yang diikuti penyidik Polsek se Kolaka.FOTO : Muzakkir/Kolaka Pos

Suasana pelatihan yang diikuti penyidik Polsek se Kolaka.FOTO : Muzakkir/Kolaka Pos

KOLAKA POS, KOLAKA – Satuan Reserse (Satres) Narkoba Polres Kolaka, melakukan pelatihan peningkatan kemampuan fungsi teknis tentang Narkoba, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya, bagi penyidik Polsek jajaran Polres Kolaka, di aula Kemitraan Polres.

Kasatres Narkoba Polres Kolaka AKP Gazali Yusuf menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan bagi penyidik Polsek dijajaran Polres Kolaka, bertujuan untuk meningkatkan kualitas penyidikan khususnya di bidang Narkoba. ”Harapannya kami sebagai pembina teknis fungsi narkoba, bahwa penyidik itu bisa lebih profesional lagi,” ungkapnya yang ditemui usai kegiatan.

Mantan Kasat Sabhara Polres Kolaka Utara ini mengatakan, hal itu bisa diukur dari segi kompetensi, yang mencakup Knowledge atau pengetahuan yang dimiliki oleh penyidik. ”Kemudian efektif, mental dan motorik yang menjadi keterampilan seorang penyidik,” ujarnya.

Selain itu, konsisten memiliki koneksi dan komitmen merupakan acuan seorang penyidik untuk bisa dikatakan profesional. ”Jika unsur tersebut sudah terpenuhi, maka seorang penyidik sudah bisa dikatakan profesional dibidang tugasnya,” terangnya.

Selama ini kata Gazali, kegiatan penyidikan narkoba memang khusus dilakukan. Sebab narkoba masuk dalam spesialis. ”Undang-undang pidananya juga khusus yakni Undang-undang 35 tahun 2009, namun tetap acuannya pada KUHAP dalam proses penyidikan, tapi dia khusus. Dikatakan khusus karena sanksi hukum maupun penanganan perkaranya khusus, makanya harus didudukan kepada masalah yang diluar dari penyidikan umum,” tandasnya. (cr1)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top