Kasus Dugaan Korupsi Kades Koreiha Tunggu Audit BPK – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Kolaka Utara

Kasus Dugaan Korupsi Kades Koreiha Tunggu Audit BPK

Net/Ilustrasi

Net/Ilustrasi

KOLAKA POS, LASUSUA – Kasus dugaan korupsi yang menjerat mantan Kepala Desa Koreiha, Kecamatan Ngapa, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut kini masih menunggu hasil audit dari BPK Provinsi Sulawesi Tenggara untuk mengetahui hasil kerugian Negara.
Kepala Kejaksaan Negeri Kolaka Utara, Andi Fahruddin mengatakan, Kejari telah melakukan penyelidikan dan meminta keterangan 11 orang saksi dan ada tiga saksi tambahan lagi yang akan diminta keterangan termasuk aparat Desa Koreiha, terkait kasus laporan fiktif yang dilakukan Mantan Kades Koreiha.
“Kita akan melakukan ekspose dengan pihak BPKP dan akan dihitung jumlah kerugian Negara, dan jika hasil Audit keluar dan sebuah berkas rampung maka segera tersangka akan kami tetapkan,dan ada tiga saksi lagi yang akan kami minta keterangan termasuk bendahara dan mantan kepala BPD Desa Koreiha,” katanya.
Lebih lanjut dia menuturkan, bahwa dari hasil penyelidikan yang dilakukan pihaknya dan mencocokkan LPJ dan fakta real dilapangan ditemukan bahwa anggaran pembebasan lahan untuk Rumah Jabatan Ketua BPD, Pembangunan Rujab Kepala Desa, pengerasan jalan,Rehab kantor desa semuanya piktif namun dalam LPJ semuanya lengkap.
“Kita sudah kelapangan dan mencocokkan LPJ dengan bukti dilapangan, iya ada beberapa item kegiatan ada di LPJ tapi fakta lapangannya tidak ada, untuk kerugian Negara kami belum bisa tafsirkan nanti tunggu hasil audit BPKP sajalah,”Katanya.
Fahruddin juga mewarning Kepala Desa untuk tidak bermain-main terhadap dana yang telah digelontorkan pemerintah pusat, pasalnya pihaknya tidak akan tebang pilih jika ada indikasi penyelewengan anggaran yang dilakukan pemerintah desa,”ini pelajaran untuk Desa lain, agar harus cermat dn teliti untuk penggunaan anggaran desanya, karena anggaran tersebut untuk kepentingan masyarakat bukan pribadi maupun kelompok, jika ada indikasi maka kami langsung tindak, jadi warga desa juga jika mendapati ada pelanggaran hukum dalam penggunaan dana desa Segera Lapor, jangan takut,” pungkasnya. (cr2)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top