Kantor Kebersihan Konawe Bakal Menjaring Kader Peduli Sampah – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Kantor Kebersihan Konawe Bakal Menjaring Kader Peduli Sampah

Kepala Kantor Kebersihan dan Pertamanan Konawe, Ilham Jaya.

Kepala Kantor Kebersihan dan Pertamanan Konawe, Ilham Jaya.

KOLAKA POS, UNAAHA – Kantor Kebersihan dan Pertamanan Konawe mulai merencanakan penjaringan dan pengkaderan anggota kebersihan kecamatan dan kelurahan, terhadap pemuda karang taruna. Pengkaderan tersebut sebagai salah satu upaya baru kantor yang dipimpin Ilham Jaya, untuk mengaktifkan fungsi karang taruna di wilayah kecamatan yang menjadi titik pantau kebersihan dalam kota.
Rencananya kegiatan pengkaderan tersebut akan dilaksanakan pada akhir bulan ini, dengan cara melakukan sosialisasi pengkaderan terhadap pemuda karang taruna kecamatan, untuk ikut aktif dalam pengelolaan sampah dan bank sampah di wilayah masing-masing. Tidak hanya pemuda karang taruna yang akan dikader, masyarakat terutama ibu PKK juga tidak luput menjadi target sosialisasi.
Kepala Kantor Kebersihan dan Pertamanan Konawe, Ilham Jaya mengatakan, sosialisasi pengkaderan tim peduli kebersihan dari pemuda karang taruna dan ibu PKK, bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat sekitar tentang pentingnya pengelolaan sampah, baik sampah organik maupun non organik. Pengetahuan masyarakat dalam mengelola sampah saat ini masih sangat minim, padahal sampah itu ada yang memiliki nilai ekonomis.
“Masyarakat sekarang kan kalau mau buang sampah biasanya mereka bakar. Nah, dari pada mereka bakar lebih baik dikumpulkan saja. Nanti dari hasil yang dikumpulkan kita akan ambil dan lakukan daur ulang. Hasil dari daur ulang itu akan memberikan nilai ekonomis nantinya. Untuk mengoptimalkan pengelolaan sampah di wilayah kecamatan dan kelurahan, maka kita akan lakukan sosialisai ke pemuda dan masyarakat terlebih dahulu,” katanya.
Ilham menambahkan, agar wacana tersebut bisa berjalan, maka dalam waktu dekat ini pihaknya akan melakukan sosialisai untuk menjaring pemuda karang taruna kecamatan dan kelurahan, untuk dijadikan kader peduli sampah dan bank sampah.
“Kita akan sosialisasi di lima kecamatan. Seperti kecamatan Unaaha, Wawotobi, Uepai, Tongauna dan Anggaberi. Jadi tiap kecamatan kita butuhkan 15 orang kader, jika sudah cocok dengan kader ini kita akan kukuhkan, demikian dengan ibu-ibu PKK jika ada yang bersedia menjadi anggota peduli sampah. Untuk pendanaanya sendiri, anggota kader ini nanti dibiayai dari jumlah sampah yang dikumpulkan untuk pemprosesan sampah organik yang akan diolah menjadi pupuk organik, hasil penjualan pupuk organik inilah yang akan mereka gunakan sebagai sumber pendanaanya,” terangnya.
Kegiatan tersebut tentunya tidak lepas dari penghargaan adipura buana yang baru diterima Pemkab Konawe, olehnya itu demi pempertahankan gelar ini maka mulai sekarang kantor kebersihan dan pertamanan Konawe melakukan penyusunan program kerja, agar kedepan wilayah kota Unaaha menjadi lebih nyaman, asri dan indah.
“Ini salah satu kegiatan untuk mempertahankan adipura. Untuk pelaksanaan sosialisasi ini kita jadwalkan akhir bulan ini, jika teman-teman media peduli dengan kebersihan kita juga bersedia menerima sebagai anggota,” tutupnya. (m4)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top