Hewan Qurban Harus Bersertifikat – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Hewan Qurban Harus Bersertifikat

KOLAKA POS, Makassar – Menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha 1437 Hijriah, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar bersama Dinas Kelautan Perternakan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Makassar mengimbau ke umat Islam untuk membeli hewan qurban yang bersertifikat. Sebab hewan qurban bersertifikat adalah hewan yang telah dinyatakan sehat untuk disembelih.
Kepala Dinas DKP3 Kota Makassar, Rahman Bando mengungkapkan, sebagai upaya untuk melindungi konsumen dari hewan ternak yang tidak layak disembelih, pihaknya telah menyiapkan tim untuk melakukan pemeriksaan sapi qurban yang masuk di Makassar demi menjamin kesehatannya.
“Kita melibatkan perwakilan dokter hewan Indonesia yang akan memeriksa hewan qurban apakah layak atau tidak disembelih. Hewan yang sehat akan diberikan surat kesehatan hewan dalam bentuk sertifikat. Olehnya kita imbau masyarakat untuk membeli hewan qurban di tempat yang bersertifikat,” ujarnya.
Sementara itu, anggota Komisi D DPRD Makassar, Iqbal Jalil mengungkapkan, selain menjamin ketersediaan stok dan kelayakan sapi qurban di Makassar, Pemerintah dalam hal ini DKP3 tetap juga harus memperhatikan tempat yang dijadikan lokasi untuk berjualan, sebab dari pengalaman tahun sebelumnya, banyak pedagang yang seenaknya saja berjualan tanpa memperhatikan kebersihan lingkungan. (fmc)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top