Daging Alana India Diselundupkan Lewat Malaysia – KOLAKA POS

KOLAKA POS

HUKUM & KRIMINAL

Daging Alana India Diselundupkan Lewat Malaysia

foto daging

Daging Alana India Diselundupkan Lewat Malaysia

KOLAKA POS, Tarakan – Unit Buru Sergap (Buser) Satuan Reskrim (Satreskrim) Polres Tarakan kembali menyita daging Alana dari India yang diselundupkan ke Indonesia. Razia dilakukan di KM Manta yang sandar di pelabuhan feri Juata Laut.
Barang bukti yang disita petugas terdiri atas 240 kilogram daging alana, 960 bungkus sosis ayam, 96 bungkus pentol bakso, dan 288 bungkus burger.
”Pemiliknya belum diketahui. Diduga, barang ini berasal dari Tawau, Malaysia, tanpa dilengkapi sertifikat kesehatan he­wan dari daerah asal,” ungkap Paur Subbaghumas Polres Tarakan Iptu Hadi Sucipto.
Barang bukti tersebut kemudian dititipkan kepada pihak Karantina BKP Kelas II Tarakan. Dikonfirmasi secara terpisah, Koordinator Pengawasan dan Penindakan di BKP Kelas II Tarakan Mustamin mem­benarkan adanya penyitaan daging asal Negeri Ringgit yang tanpa dilengkapi sertifikat ataupun dokumen itu.
”Kami mendapat info dari angggota Tipiter Polres Tarakan sekitar pukul 10.00 bahwa ada tangkapan daging alana beserta BB (barang bukti, Red) yang lain,” jelas Mustamin yang juga menjabat kepala seksi Karantina Tumbuhan.
Setelah menyita daging ilegal itu, Polres Nunukan berjanji akan melakukan pengawasan ketat di setiap dermaga di wilayahnya, khususnya di Sei Jepun.
”Saya akan perintah anggota saya untuk mengawasi pintu-pintu masuk dari Tawau, Malaysia.Dengan begitu, pihak yang kerap menyelundupkan daging alana bisa diberhentikan,” kata Kapolres Pasma Royce kepada Radar Nunukan (Jawa Pos Group).
Menurut Pasma Royce, pihaknya harus mengawasi semua dermaga. Sebab, pelaku bisnis ilegal tersebut tidak punya rasa jera.
”Sudah diberi peringatan, tetapi ternyata aksinya tetap dilakukan. Tetap saja ada daging alana yang bisa masuk dari Ta­wau, Malaysia,” ucapnya.
Menurutnya, penyelundupan daging alana bukan pekerjaan baru di Nunukan. Beberapa waktu lalu Polres Nunukan berhasil menyita daging alana yang bakal disebar di Nunukan. Untuk itu, perlu adanya peningkatan pengawasan kembali.
Dia menambahkan, semua pintu masuk dermaga, mulai Sebatik hingga ke Nunukan, akan diawasi. Semua barang yang berasal dari Tawau, Malaysia, harus diperiksa. Sebab, para penyelundup itu terkadang menggunakan banyak cara untuk memasukkan daging tersebut ke Nunukan. (eru/ash/nal/dra/c4/ami/flo/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top