Bupati Koltim Sambut Baik Wacana FDS – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Kolaka Timur

Bupati Koltim Sambut Baik Wacana FDS

KOLAKA POS, TIRAWUTA – Bupati Kolaka Timur (Koltim) Tony Herbiansyah, menanggapi dengan datar terkait gagasan pemerintah pusat untuk menerapkan Full Day School (FDS) atau sekolah seharian penuh di seluruh Indonesia. Menurutnya, jika memang hal itu benar-benar diterapkan, maka tidak ada alasan untuk menolaknya.
“Sampai saat ini saya belum dapat informasi secara resmi (penerapan FDS, red). Tapi kalau saya, itu sudah menjadi ketetapan dari pusat, kita ini yang ada di daerah tinggal mengikut saja untuk dilakukan persiapan. Nanti kita lihatlah, kalau itu sudah resmi,” ungkapnya saat ditemui di kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Koltim usai rapat paripurna.
Mantan Kepala BKD Sultra ini juga mengatakan, selama ini pemerintah pusat dalam membuat sebuah kebijakan selalu samakan seluruh Indonesia atau secara universal, padahal antara daerah satu dengan daerah lainnya berbeda, baik itu kulturnya maupun kondisi wilayah.
“Kalau saya setuju-setuju saja, karena itu dalam rangka mengoptimalkan waktu sehingga anak-anak tidak ada waktu untuk
meluangkan waktunya bermain,” katanya.
Meskipun demikian, Tony mengakui di setiap daerah yang ada di Indonesia berbeda tapi satu. Maksudnya, terkait jarak rumah dan tempat siswa sekolah ada yang jauh, kemampuan anak juga beda. Apalagi fasilitasnya maupun yang lainnya.
“Kalau di Jakarta pake pendingin ruangan, di Koltim keringat-keringat yang ada. Yang jelas, kita ini tetap menunggu instruksi dari pusat saja. Selagi untuk kepentingan anak, kita berpikiran positiflah, kan ini tujuannya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, tapi yang paling penting adalah pembentukan karakter, apalah gunanya dia berilmu tapi tidak berkarkter,” tandasnya. (ing)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top