Rancangan KU PPAS dan 10 Raperda Diparipurnakan – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Kolaka Utara

Rancangan KU PPAS dan 10 Raperda Diparipurnakan

Suasana penyerahan 10 Raperda dan KU PPAS.FOTO : Suleha/Kolaka Pos 

Suasana penyerahan 10 Raperda dan KU PPAS.FOTO : Suleha/Kolaka Pos 

KOLAKA POS, LASUSUA – Setelah melalui pembahasan yang panjang, akhirnya Rancangan Kebijakan Umum (KU) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD Perubahan tahun 2016, serta penyerahan 10 rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kolaka Utara diparipurnakan. Kemarin (24/8) DPRD Kolaka Utara (Kolut) menggelar rapat paripurna penetapan rancangan nota kesepakatan antara Pemerintah dan DPRD.

Sekretaris Daerah Kolut Iskandar mengatakan, ada baiknya kegiatan paripurna tersebut dilakukan secara terpisah. Namun dilakukan dengan Satu agenda rapat paripurna. “Karena begitu padatnya agenda masing-masing sehingga, saya meminta untuk digabungkan menjadi satu. Harapan Kita bahwa penggabungan acara ini tidak akan mengurangi makna dan subtansi acara,” terangnya.

Ia mengatakan, selama pembahasan rencana KU PPAS APBD Perubahan tahun anggaran 2016, ada beberapa catatan penting yang perhatian Pemkab yakni adanya kebijakan pemerintah pusat untuk merasionalisasi DAK sebesar 10 persen untuk semua bidang, upaya optimalisasi Peneriamaan PAD untuk memenuhi priyeksi pendapatan daerah yang di bebankan ke SKPD pengelola PAD, untuk mensukseskan Pemilukada 2017 Pemda perlu mengalokasikan dana Hibah kepada penyelanggara pemilu.

“Percepatan pembangunan infrastruktur, sarana dan parasarana wilayah untuk memenuhi berbagai aspirasi masyarakat tetap diprioritaskan. Khususnya di wilayah kecamatan dan desa. Dan kita perlu mengefiensi anggaran belanja aparatur seperti pos anggaran bimbingan teknis, perjalanan Dinas, dan belanja-belanja yang tidak prioritas lainnya,” terangnya.

Sementara 10 raperda yang diserahkan pihaknya merupakan aspirasi dan kebutuhan masyarakat kolaka Utara yang kesemuanya sangat urgent 10 Raperda tersebut pertama, Rencana Detail Tata Ruang (RDTR), Zonasi kawasan perkotaan, Kedua, kewajiban ibu melahirkan di sarana kesehatan. Ketiga lingkungan rumah tinggal sehat. Ke empat, kemitraan bidan dan kader dasawisma kesehatan. ke lima, SPM Kesehatan. Yang ke enam, perlindungan dan pengelolaan hidup, tujuh, penyelanggaraan penanggulangan bencana, badan Permusyawaratan Desa, Penyertaan Modal daerah pada PBR Bahteramas Kolaka Utara dan terakhir pembentukan dan susunan perangkat Daerah Kabupaten Kolaka Utara. (cr2)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top