Perkerasan Jalan Desa Wonua Raya, Jangkau Lebih dari Empat Kilometer – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SAFARI DESA

Perkerasan Jalan Desa Wonua Raya, Jangkau Lebih dari Empat Kilometer

Salah satu ruas jalan Desa Wonua Raya yang dilakukan Perkerasan Jalan (Foto : Hasrul/ Kolaka Pos)

Salah satu ruas jalan Desa Wonua Raya yang dilakukan Perkerasan Jalan
(Foto : Hasrul/ Kolaka Pos)

KOLAKA POS, KOLAKA – Upaya Pemerintah Desa Wonua Raya Kecamatan Toari dalam membenahi sejumlah ruas jalan yang rusak di desa itu dilakukan dengan melakukan perkerasan/penimbunan pada badan jalan desa yang selama ini mengalami kerusakan.
Kepala Desa Wonua Raya, H. Ilham yang ditemui mengatakan bahwa ruas jalan yang dikerjakan tahun ini terletak di dua dusun yakni Dusun II sepanjang 2.050 meter dan Dusun III dengan panjang 2.110 meter. Kegiatan tersebut kata dia, dianggarkan melalui dana desa dari Kementerian Desa tahun 2016.
“Tahun ini peningkatan kapasitas jalan yang kita kerjakan berupa perkerasan jalan dengan total panjang mencapai 4.160 meter dengan sasaran ruas jalan di permukiman warga yang terletak di dusun II dan Dusun III di desa ini,”kata H. Ilham.
Kades Wonua Raya yang baru menjabat ini menegaskan bahwa selain karena kondisi jalan yang rusak, ruas jalan yang dikerjakan tersebut berada dipusat permukiman warga. Makanya kata dia, jika jalan tersebut telah baik maka akses transportasi warga baik yang dari dan menuju desa lain akan semakin baik dan lancar.
“Melalui dana desa tahun ini kami memprioritaskan pekerjaan perkerasan jalan desa sebab jika jalan tersebut tak mendapat perbaikan, maka yang sangat merasakan kerugian adalah warga pengguna jalan baik warga Desa Wonua Raya maupun warga masyarakat yang berasal dari luar yang melalui akses jalan tersebut,”kata H. Ilham.
Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Masyarakat Desa (BPMD) Kolaka, Akbar menegaskan bahwa kucuran dana desa yang bersumber dari APBN dan Alokasi Dana Desa (ADD) yang bersumber dari APBD Kabupaten Kolaka yang jumlahnya mencapai satu milyar lebih ke pemerintah desa haruslah menjadi motivasi bagi pemerintah dan masyarakat yang ada di desa dalam membangun daerahnya masing masing.
“Yang perlu diketahui bahwa pembangunan yang kita lakukan saat ini tak lain merupakan bentuk perhatian pemerintah pusat dan pemerintah daerah Kabupaten Kolaka melalui dana ADD yang anggarannya bersumber dari APBD kabupaten Kolaka. Dengan anggaran ini kami berharap agar Pemerintah Desa dapat memanfaatkannya dengan melakukan pembangunan sesuai dengan rencana yang telah ditentukan. Jangan ada penyimpangan yang berkaitan dengan anggaran yang dilakukan, sebab bagaimanapun dana ini merupakan uang negara yang penggunaannya harus dipertanggung jawabkan oleh Kepala Desa,”tegas mantan Kabag Pemerintahan Setda Kolaka ini. (cr3/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top