Ribuan Calon Aparatur Desa di Luwu Timur Ikut Seleksi – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Ribuan Calon Aparatur Desa di Luwu Timur Ikut Seleksi

Salah satu peserta mengikuti ujian tes, mengisi lembar jawab yang sudah di siapkan. Minggu (21/8).

Salah satu peserta mengikuti ujian tes, mengisi lembar jawab yang sudah di siapkan. Minggu (21/8).

KOLAKA POS, Lutim – Sekitar ribuan calon Aparatur Desa se-Kabupaten Luwu Timur mengikuti ujian tertulis. Seleksi ini untuk menentukan kelayakan peserta untuk diangkat menjadi Aparat Desa.
Hal itu disampaikan langsung Andi Tabacina Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Luwu Timur, pada saat melakukan pemantuan para ujian, Minggu (21/8).
Menurut Andi Tabacina, mulai tahun ini semua aparatur baik tingkat Sekretaris Desa sampai Kepala Dusun diangkat berdasarkan hasil seleksi. Mereka yang dinyatakan lulus bila meraih nilai tertinggi satu, dua dan tiga.
Lanjut dikatakanya, tiga besar ini diserahkan kepada Camat masing-masing, selanjutnya camatlah yang menentukan calon aparatur Desa yang ingin direkruit. Dalam proses ujian ini kata Tabacina, dilakukan selama satu hari, dan menempati gedung sekolah yang tersebar di seluruh kecamatan.
“Diharapkan dengan hasil seleksi ini maka kinerja pemerintahan di desa di Luwu Timur nantinya akan berjalan semakin baik.” Katanya.
Ia menambahkan, khususnya program pembangunan Desa lebih terarah termasuk penggunaan anggarannya lebih transparan dan efektip. ” Semua Apartur Desa yang kita seleksi ini paling rendah tamat SMA, ini sudah sesuai aturan yang ditetapkan pemerintah saat ini, jumlahnya yang ikut ujian 114 orang .” Ungkap Andi Tabacina.
Saat ujian berlangsung peserta dilarang membawa peralatan seperti HP, Buku dan Tas, Panitia hanya memperbolehkan peserta hanya membawa alat tulis saja. Selain itu, pengawas ujian berasal dari desa masing-masing.
Lebih lanjut lagi dikatakanya, untuk Aparatur Desa tingkat Sekretaris, besok masih melakukan seleksi kembali, namun materinya seputar penguasaan komputer. Karena Sekretaris Desa nantinya harus paham mengoprasikan komputer. ” Karena saat ini tidak ada lagi Desa di Luwu Timur yang tidak menggunakan Komputer untuk memperlancar aktivitas Pemerintahan,” jelasnya.
Rahmawati, salah satu peserta ujian yang melamar menjadi Aparatur Desa Pasi-Pasi, mengatakan, soal yang disuguhkan lumayan sulit, soal ujian lebih banyak menyinggung tentang pemerintahan termasuk aturan-aturannya.
” Soalnya agak sulit, satu pertanyaan jawabannya banyak yang mirip, jadi ini yang membuat kita agak bingung mencari yang mana yang paling betul.” Ungkap Rahmawati. (fmc)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top