Hari Ini Manager Operasional Wika Diperiksa – KOLAKA POS

KOLAKA POS

BERITA UTAMA

Hari Ini Manager Operasional Wika Diperiksa

Net/Ilustrasi

Net/Ilustrasi

KOLAKA POS, KENDARI – Setelah sebelumnya Manager Operasional dan Kepala Teknik Tambang PT Wijaya Kusuma (Wika) Bitumen, mangkir dari panggilan penyidik Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) Direktorat Reserse Kriminal Umum (Direskrimum), Polda Sultra. Kini panggilan kedua dilayangkan kepada kedua orang yang dianggap paling bertanggungjawab, atas beraktivitasnya salah satu perusahaan tambang aspal terbesar di Buton.
Akan tetapi, menurut Kasubdit IV Tipiter Direskrimum Polda Sultra, AKBP Hartono, keduanya telah memberikan konfirmasi pada penyidik akan menghadiri panggilan kedua, hari ini (22/8).
“Jika mereka hadir pada Senin (22/8) ini mereka akan kami periksa. Memang pada panggilan pertama Senin (15/8) kemarin mereka belum bisa hadir karena masih ada urusan pekerjaan, itu berdasarkan informasi yang kita dapat sama mereka,” katanya, Jumat (19/8) lalu.
Diketahui, sala satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut dalam melakukan produksi diduga melebihi kapasitas, tidak sesuai dengan surat izin usaha pertambangan (IUP). “Berdasarkan laporan masyarakat ada indikasi melakukan produksi melewati batas,” sebutnya.
Selain perusahaan tersebut, penyidik Polda Sultra saat ini juga melakukan penyelidikan terhadap perusahaan Koperasi Buton Bersinar dalam dugaan kasus yang sama. Bahkan saat ini kata Hartono, pihaknya telah memeriksa sejumlah orang yang bekerja di perusahaan tersebut. Diantaranya ada yang berasal dari perusahaan dan dari Dinas Pertambangan Buton. “Empat orang saksi kita sudah periksa, pimpinannya dan tiga orang staf di Koperasi itu,” terangnya.
Tidak hanya itu kata Hartono, pada Minggu ini pihaknya akan memintai keterangan dari salah satu saksi ahli dari Dinas Pertambangan.
“Pemeriksaan ahli tersebut dilakukan sebelum akan dilaksanakan gelar perkara. Dalam kasus ini secepatnya akan dilakukan gelar perkara, oleh karenanya itu fokus kami saat ini adalah mengumpulkan berkas selengkap-lengkapnya,” tuturnya. (k1)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top