57 PPL Dapil Rumbia Diharap Lebih Proaktif – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

57 PPL Dapil Rumbia Diharap Lebih Proaktif

Suasana pelantikan PPL Dapil Rumbia, kemarin (21/8).FOTO : Haliqfat/Kolaka Pos

Suasana pelantikan PPL Dapil Rumbia, kemarin (21/8).FOTO : Haliqfat/Kolaka Pos

KOLAKA POS, BOMBANA – Kemarin (21/8), 57 Panitia Pengawas Lapangan (PPL) Dapil Rumbia dilantik. Pelantikan yang dilakukan disalah satu hotel di Bombana, terdiri delapan kecamatan yakni kecamatan Rumbia, Rumbia Tengah, Mataoleo, Masaloka Raya, Lantari Jaya, Rarowatu, Rarowatu Utara dan Matausu.
Pelantikan yang berlangsung secara himah itu, dihadiri oleh Komisioner KPUD Bombana Kasjumriati, Kapolsek Rumbia Iptu Muh. Arman dan pemerintah kecamatan Rumbia dan Rumbia Tengah.
Komisioner Panwaslu Bombana, Bidang Investigasi dan Penindakan Hasdin Nompo mengatakan, tahapan penyelenggaraan pemilukada Bombana sudah berjalan dan sebentar lagi pesta demokrasi akan berlangsung pada Februari 2017.
Selain itu, penyelenggaraan Pemilukada rentang dengan tindakan-tindakan negatif yang dapat berujung pada kerugian, baik itu masyarakat, calon dan penyelenggara. Untuk itu, dibutuhkan peran proaktif dari PPL untuk betul-betul mengawasi proses pemilihan, sehinggaa dapat menciptakan demokrasi tanpa adanya intervensi dari manapun.
“Pilkada ini merupakan agenda penting, jadi sebagai pengawas harus betul-betul mengawasi proses pemilihan dan menciptakan pemilih yang demokrasi, tanpa adanya intervensi dari manapun,” terang mantan Kasubag Humas dan Protokoler sekretariat dewan itu.
Ia juga menjelaskan, keberhasilan dari Panwaslu wilayah masing-masing tidak terlepas dari peran PPL, yang merupakan ujung tombak dalam pelaksanaan tugas dan fungsi. Verifikasi faktual calon perseorang Balon Bupati Bombana, sedang berjalan, pengumuman hasil tersebut dijadwalkan 24 Agustus mendatang.
“Jadi PPL yang telah dilantik ini harus benar-benar mengawasi proses verifikasi faktual di wilayah tugas masing-masing. Kinerja PPL ini kami harapkan bisa bekerja dengan baik sesuai peraturan yang ditentukan,” katanya.
Hasdin menambahkan, agar proses pengawasan berjalan dengan lancar dan pengawasan lebih ditingkatkan, tentu disini harus terbangun sinergitas antara tingkat kecamatan/desa pihak PPL dapat bersinergi dengan PPS.
“Untuk menciptakan hal tersebut, tentunya kami akan memberikan pembekalan kepada PPL yang dilantik, jadi saat bekerja nantinya sudah memiliki ilmu dasar untuk diterapkan,” terangnya. (k6)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top