Menteri PU : Bagi Gubernur Jangan Kapan Dimulai tapi Kapan Selesai – KOLAKA POS

KOLAKA POS

BERITA UTAMA

Menteri PU : Bagi Gubernur Jangan Kapan Dimulai tapi Kapan Selesai

Nur Alam : Jangan Dipangkas Anggaran Jembatan Bahteramas

Sekjen Kentrian PU Taufik Wijoyono dan Gubernur Sultra H Nur Alam menandatagani Prasasti pemancangan tiang jembatan bajtera Mas di kendari. (Foto Asbar/KoP)

Sekjen Kentrian PU Taufik Wijoyono dan Gubernur Sultra H Nur Alam menandatagani Prasasti pemancangan tiang jembatan bajtera Mas di kendari. (Foto Asbar/KoP)

KOLAKA POS, KENDARI – Pengerjaan jembatan bahteramas dimulai. Gubernur Sulawesi Tenggara H Nur Alam bersama Sekjen Kementiran PU Taufik Wijoyono menandatagani prasti pemancangan tiang pertama pada acara Ground Breaking Jembatan Bahteramas. Jumat (19/8).

Menurut Gubernur saat menyampaikan sambutan, pembangunan jembatan bahtramas tersebut telah lama dicita-citakan baik oleh dirinya, sejak diperiode pertama kepemimpinannya maupun pemimpin olehnya itu peletakann batu pertama tersebut menjadi momen sejarah perjuangan dalam membangun Sutra

“Ground breiking pelaksanaan pembangunan jembatan bahtera mas teluk yang sudah lama kita perjuangankan bersama, hari ini adalah hari yang memilik nilai sejarah, ini adalah momentum strategis kurang lebih 45 tahun yang lalu seorang gubernur dari Sultra atau gubernur senior kita almarhum Edi Sabara dalam perjalanannya menuju Amerika datang lah beliau ke suatu tempat yang dinamakan san fransisko begitu melihat jembatan moderen kala itu beliau bermimpi dan mimpinya itu alhamdulillah dilanjutkan oleh pelanjutnya setelah kurang lebih 45 tahun,” katanya.

Dia berharap dengan dibangunnya jembatan Bahteramas dapat lebih meningkatkan ekonomi masyrakat baik sekarang maupun di masa akan datang. “Termasuk salah satu dampak ekonomi sudah bisa dirasakan sekarang, tadi harga tanah disini murah sekarang sudah naik,” katanya.

Dihadapan Sekjen PU, gubernur berharap agar pemerintah pusat tetap komitmen akan mewujudkan pembangunan jembatan tersebut dengan tidak melakukan pemangkasan anggaran sehungga menyebabkan masa penyelesaiannya tidak terundur dari waktu yang telah ditetapkan.

“Karena sekarang lagi pemotongan anggaran saya titip betul pak Sekjen jangan dipotong anggarannya pak karna kalau dipotong anggarannya nanti 2018 tidak selesai. Padahal saat ini, semua sudah clear pak, angkatan laut sudah clear kami sudah relokasi pelabuhan dan kami sudah siap untuk membangun bomnya sudah diledakan juga pak,” ujarnya.

Sementara itu Sekjen Kementiran PU Taufik Wijoyono
mengatakan dalam pelaksanan pembangunan jembatan ini ketika telah usai bukan hanya jembatannya saja yang berharga, namun tehnologi kontruksinya Cable Stayed bisa di tiru oleh para kontraktor lokal.

“Kami berharap jembatan yang di bangun di Sultra bukan hanya jembatannya yang ditinggalkan tapi ada sesuatu yang ditinggalkan yakni tehnologinya terutama tehnologi betonnya yang mutakhir tehnologi ini harapannya bisa diserap oleh ahli-ahli kontruksi disini, katanya.

Selain itu dia berharap agar pengerjaan jembatan bahteramas bisa selesai sesuai waktu yang di tentukan, terkait anggara dirinya berjanji Kementrian PU akan tetap berkomitmen sesuai yang telah di tetapkan.” Bagi kami Pak gubernur bukan kapan mulainya tapi kapan selesainya,” katanya.

Di infokan Panjang jembatan bahtera mas tersebut sepanjang1346 meter yang menghubungkan kota lama dan Bungku toko Kota kendari. dengan proyek pembangunan Multi years sejak tahun 2015 hingga 2018 dengan Jumlah Anggaran Rp 750 milyar melalui pembiyayaan APN. (k1/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top