Industri Keramik Perang Harga Dengan Produk Tiongkok – KOLAKA POS

KOLAKA POS

EKOBIS

Industri Keramik Perang Harga Dengan Produk Tiongkok

KOLAKA POS, Surabaya – Ketatnya kompetisi dengan produk keramik impor membuat produsen dalam negeri bergiat melakukan inovasi.
Salah satunya adalah PT Surya Multi Cemerlang (grup PT Platinum Ceramics Industry) yang meluncurkan Titanium Lamina Granite untuk menggarap pasar lokal maupun ekspor.
Manufacturing Director PT Surya Multi Cemerlang Yahya Gunawan menyatakan, untuk ekspor, produknya menyasar pasar Amerika, Asia, dan Australia.
’’Kontribusi terbesar kami perkirakan berasal dari pasar Asia dan Australia karena kedekatan geografis dengan Indonesia. Apalagi, di Asia seperti Arab Saudi dan Qatar, mereka agresif membangun gedung-gedung baru,” katanya saat persiapan peluncuran Titanium Lamina Granite di Surabaya kemarin.
Dia menambahkan, saat ini hanya ada empat pemain di produk granite tile berukuran 1,2 x 2,4 meter di dunia. Yakni, Italia, Spanyol, Turki, dan Indonesia.
’’Kompetitor utama di industri tersebut adalah Tiongkok. Tetapi, kami harus perang harga mati-matian dengan mereka. Kami ingin berkompetisi dalam masalah kualitas dan mengambil segmen yang belum digarap Tiongkok,” ucapnya.
Pasar dalam negeri saat ini menyasar enam kota. Yakni, Medan, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Bali. ’’Segmennya masih premium dan terpusat di kota besar,” imbuhnya. (jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top