Warga-Pelindo Duduk Bersama Cari Solusi – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Warga-Pelindo Duduk Bersama Cari Solusi

Soal Kebisingan dan Polusi Udara

foto solusi
KOLAKA POS, Parepare – Aktivitas bongkar-muat truk pengangkut peti kemas atau kontainer hingga malam hari, bahkan tengah malam dianggap meresahkan penduduk yang berdomisili di Lontangnge, Kelurahan Kampung Pisang, Kecamatan Soreang.
Pasalnya, selain bunyi-bunyian yang ditimbulkan dari kontainer, bunyi klakson truk juga membuat bising warga, khususnya pada saat tengah malam, apalagi sampai menimbulkan polusi udara karena debu. Keluhan penduduk setempat langsung disikapi dengan mempertemukan warga dengan Pelindo duduk bersama mencari solusi yang difasilitasi oleh Kelurahan Kampung Pisang pada Jumat, 12 Agustus lalu.
Dalam pertemuan tersebut hadir para RT/RW, Lurah Kampung Pisang, Nawawi, anggota DPRD Parepare yang juga Ketua RW, Abd Salam Latif, GM PT Pelindo Parepare, Yusida. Pertemuan tersebut, prinsipnya warga meminta PT Pelindo agar mencarikan solusi atas keluhan adanya kebisingan yang ditimbulkan aktivitas truk kontainer pada malam hari dan polusi udara yang bersumber dari landasan kontainer.
Warga setempat, Ahmad Muhammad mengeluh aktivitas truk kontainer yang menyebabkan polusi udara akibat debu. “Bayangkan kalau ini kita isap selama 24 jam lamanya, maka bisa berdampak pada kesehatan bagi penduduk di sini. Olehnya itu, kami meminta Pelindo untuk mengatasi polusi udara yang disebabkan debu tersebut, apakah melakukan penyiraman ataua bagaimana,” ungkap Ahmad.
Selain masalah polusi udara, Ahmad juga meresahkan adanya kebisingan klakson yang bersumber dari truk kontainer. “Kebisingan yang ditimbulkan aktivitas truk kontainer membuat warga tak bisa beristirahat, apalagi kegiatannya hingga 24 jam. Biasa sudah tengah malam masih ada aktivitas, kan sangat mengganggu warga saat beristirahat,” bebernya.
Menanggapi keluhan warga, GM PT Pelindo IV Cabang Parepare Yusida berjanji secepatnya menyikapi keluhan warga setempat terkait kebisingan klakson truk kontainer itu, termasuk debu yang menyebabkan polusi udara. “Mengatasi polusi udara, kami akan selalu melakukan penyiraman agar supaya debu tidak meluas ke masyarakat. Sedangkan kebisingan klakson truk kontainer akan dibicarakan dengan pihak perusahaan,” kata Yusida. Yusida pun memperkenalkan dirinya kepada penduduk jika pejabat baru di Pelindo Parepare.
“Maaf pak, karena saya juga baru di sini kami tidak bisa sikapi secara cepat. Apalagi ini perusahan pemerintah. Masalah sendiri pasti kami usahakan dan rampung pada akhir tahun,” ujarnya. Ia juga mengaku bersyukur adanya surat keluhan yang disampaikan penduduk setempat terkait bongkar-muat. “Kita usahakan juga akan mengurangi aktivitas bongkar muat pada malam hari. Memang sih menjadi dilema, karena lebih bagus kalau kerja 24 jam,” tandasnya. (fmc)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top