Tingkatkan Minat Baca, Perpustakaan Keliling Digalakkan – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Tingkatkan Minat Baca, Perpustakaan Keliling Digalakkan

Net/Ilustrasi

Net/Ilustrasi

KOLAKA POS, BUTUR – Perpustakaan Daerah Kabupaten Buton Utara (Butur) tidak henti-hentinya berupaya untuk meningkatkan minat baca bagi warga. Salah satu upaya yang digalakkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Butur mengadakan perpustakaan keliling.
Kepala Perpustakaan, Arsip dan Dokumen Daerah Butur, Harlin Hari mengatakan, kehadiran perpustakaan keliling ini bertujuan untuk menjangkau wilayah pedalaman yang tak punya akses buku. Sebab, dengan adanya perpustakaan para siswa atau warga yang ingin membaca tidak kesulitan lagi memperoleh bahan bacaan.
Disamping itu, lanjut Harlin, dengan program ini, daerah terpencil yang tak memiliki perpustakaan berkesempatan mendapatkan bacaan lewat mobil perpustakaan keliling. “Saya rasa dengan mengadakan program perpustakaan keliling saat ini, minat baca akan meningkat. Sebab, mereka tidak kesulitan lagi untuk memperoleh bahan bacaan,” terangnya.
Menurutnya, meski saat ini masih belum memiliki sarana dan prasarana yang memadai, namun Perpustakaan Daerah akan terus berupaya dalam meningkatkan minat baca. “Saya akui minat baca di Butur ini masih kurang. Kekurangan ini karena kami memiliki sarana dan prasana masih belum standar, baik dari kantor, sampai saat ini juga belum memiliki pustakawan. Meski demikian kami tetap berupaya agar bisa meningkatkan minat baca warga Butur ini terutama siswa, salah satu upaya adalah menjemput di sekolah dengan menyiapkan perpustakaan keliling,” ujarnya.
Ia menambahkan, untuk meningkatkan minat baca Perpustakaan akan menambah mobil perpustakaan keliling, agar bisa menjangkau setiap daerah yang ada. Sebab, saat ini Perpustakaan hanya memiliki satu unit mobil saja.
“Kita masuk ke skolah untuk memberikan pelayanan kepada para siswa. Kendaraan yang kami miliki ini baru satu unit, tapi ke depan kita juga akan menambah dua unit lagi. Namun, untuk sementara yang kami usulkan, itu kapal untuk perpustakaan. Karena kami memiliki pulau-pulau yang tidak bisa dilewati dengan kendaraan, jadi kita mencoba dengan membuat perpustakaan terapung,” tandasnya. (hrn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top