Tingkatkan Fungsi Saluran Air, Drainase Dibangun di Ranoteta – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SAFARI DESA

Tingkatkan Fungsi Saluran Air, Drainase Dibangun di Ranoteta

Bangunan drainase yang dibangun di salah satu kompleks pusat pendidikan di Desa Ranoteta.Foto : Hasrul/Kolaka Pos

Bangunan drainase yang dibangun di salah satu kompleks pusat pendidikan di Desa Ranoteta.Foto : Hasrul/Kolaka Pos

KOLAKA POS, KOLAKA – Akibat fungsi saluran air yang selama ini tidak maksimal membuat kondisi lingkungan permukiman di Desa Ranoteta menjadi rusak. Minimnya bangunan drainase di desa itu juga memicu terjadinya genangan air di wilayah perumahan warga. Akibatnya saat musim penghujan, sebagian besar rumah warga menjadi langganan genangan air. Hal inilah kemudian menjadi alasan bagi pemerintah desa itu dalam membangun sejumlah drainase di wilayahnya.
Kepala Desa Ranoteta, Juliadi yang ditemui mengatakan bahwa di wilayahnya itu terdapat sebagian daerah yang selama ini sering menjadi langganan genangan air saat musim penghujan. Bukan hanya itu sebagian warga juga mengeluhkan terjadinya kerusakan lokasi perumahan lantaran tergerus oleh laju air yang tak teralirkan dengan baik. Dengan alasan tersebut kata Juliadi pihaknya membangun drainase di daerahnya agar genangan air dan aliran air yang selama ini tak dialirkan dengan tepat dapat diarahkan melalui drainase yang yang ada saat ini.
“Memang terdapat kerusakan pada tanah perumahan dan perkebunan warga yang diakibatkan buruknya saluran air karena dalam kondisi belum dibuat secara permanen. Makanya dengan dana desa tahun ini kami berupaya menuntaskan masalah tersebut dengan memperbanyak bangunan drainase,” kata Kades Ranoteta, Juliadi.
Selain kerusakan terhadap jalan, minimnya drainase juga memicu terjadinya luapan dan genangan air yang masuk kerumah warga.
“Ada beberapa lokasi rumah warga yang sering kemasukan air. Hal ini disebabkan karena tidak adanya bangunan drainase dipermukiman warga. Makanya dengan dana desa tahun ini kami bersama warga membuat program pembangunan drainase, baik pada saluran yang selama ini tidak berfungsi maksimal maupun disekitar rumah warga yang menjadi genangan air selama ini, ” tegas Juliadi.
Dia menambahkan, untuk bangunan drainase yang dibangun di desanya, terletak di dusun IV Sumber Rejo dengan panjang 240 meter yang saat ini bangunannya sudah tuntas dikerjakan. (cr3/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top