Kanwil Buka Ruang Bagi Kepolisian Usut Narkoba di Lapas – KOLAKA POS

KOLAKA POS

BERITA UTAMA

Kanwil Buka Ruang Bagi Kepolisian Usut Narkoba di Lapas

KOLAKA POS, KENDARI – Pihak Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum Ham) Sulawesi Tenggara (Sultra) memberikan ruang kepada pihak Kepolisian untuk melakukan penyelidikan ke dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Kendari dan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II A Kendari mengenai indikasi peredaran narkoba.

Menurut Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kemenkum Ham Sultra, Muslim sebelumnya pihak kepolisian sudah melakukan koordinasi mengenai hal itu dan pihaknya sudah menyetujui.

“Kami sudah beri ruang, kami persilahkan kepada kepolisian untuk melakukan penyelidikan mengenai narkoba yang sebelumnya ditemukan oleh seseorang dan mengaku diperintahkan oleh seorang Napi (narapidana) Lapas,” Ujar Muslim saat di temui kamis (18/8)

Kata dia sejauh ini, pihak Lapas dan Rutan sudah melakukan berbagai tindakan pencegahan untuk mengatasi peredaran narkoba termasuk salah satu penyebab utama peredaran yakni penggunaan handphone oleh para napi sehingga komunikasi atar napi dengan luar bisa terbatas.

“Selalu dilakukan sidak mendadak oleh Kalapas dan petugas lapas namun bisanya selalu tidak ditemukan apa-apa, dan Napi itu juga selalu punya cara, pernah ditemukan pembesuk menyelipkan barang haram itu di sendal jepit, pernah juga di dalam rokok, pokoknya ada-ada saja cara mereka ” ujarnya.

Lanjut Muslim, menegaskan jika ada oknum petugas Lapas maupun Rutan yang bermain mencoba meloloskan ataupun membantu memasukan handphone kedalam maka akan diberikan sanksi tegas. “Jika terbukti ada oknum terlibat, pasti kita akan tindak,” tegasnya. (k1/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top