Sulit Air Bersih Warga Kurang Mampu, Desa Baula Bangun Sumur – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SAFARI DESA

Sulit Air Bersih Warga Kurang Mampu, Desa Baula Bangun Sumur

Tampak salah satu sumur yang dibangun di Desa Kastura dengan menggunakan anggaran Dana Desa tahun 2016 Foto : Hasrul/Kolaka Pos

Tampak salah satu sumur yang dibangun di Desa Kastura dengan menggunakan anggaran Dana Desa tahun 2016
Foto : Hasrul/Kolaka Pos

KOLAKA POS, KOLAKA – Minimnya sumber air bersih bagi warga Desa Kastura Kecamatan Watubangga, membuat Pemerintah di desa itu terpaksa membangun 4 unit sumur gali yang disebar di empat dusun. Keempat unit sumur itu nantinya akan ditempatkan disekitar permukiman warga yang selama ini sangat kesulitan dalam memperoleh sumber air bersih.

Kepala Desa Kastura, Haris, yang dikonfirmasi terkait pembangunan sumur didesanya itu mengatakan bahwa selama ini terdapat keluhan warga utamanya warga yang kurang mampu yang mengaku sangat kesulitan memperoleh air bersih.

“Memang berdasarkan geografis desa Kastura yang sebagian besar luas wilayahnya berada di daerah ketinggian membuat daerah ini sedikit kekurangan dalam mendapatkan cadangan sumber air bersih. Hal ini mengakibatkan hampir semua warga yang tersebar di beberapa dusun menjadi kesulitan mendapatkan air bersih. Makanya melalui anggaran dana desa tahun ini, kami memprogramkan pembuatan 4 unit sumur gali agar dapat dimanfaatkan bagi warga dalam memenuhi kebutuhan air bersih sehari hari,”tegas Haris.

Hal senada juga disampaikan oleh Nurholis, Ketua BPD Desa Kastura mengatakan bahwa kesulitan aur bersih di Desa Kastura bukan hak yang baru lagi. Du desa ini kata dia, hanya dusun I saja yang sumber aur bersihnya sedikit lebih mudah didapatkan, namun di tiga dusun lainnya, warga sangat kesulitan dalam memperoleh air bersih sehari hari.

“Kami cukup bersyukur karena tahun ini melalui anggaran yang bersumber dari Dana Desa, telah terbangun 4 unit sumur, meskipun hanya sebatas sumur manual karena memang selain kekurangan air bersih, kami juga masih kesulitan dalam mendapatkan energi listrik. Jadi sangat wajar jika sumur yang kami buat ini hanya berupa sumur gali saja. Namun setidaknya masalah kurangnya sumber air di desa ini sedikit berkurang,” kata Nurholis.

Dirinya berharap dengan pembangunan yang didanai dari anggaran alokas dani desa di daerahnya dapat mengurangi keluhan warga selama ini, utamanya bagi warga yang masih berada dibawah garis kemiskinan. (cr3/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top