Pengangguran Meningkat 12 Persen – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Pengangguran Meningkat 12 Persen

foto nganggurKOLAKA POS, Makassar – Tahun ini angka pengangguran di Kota Makassar meningkat dari 11 hingga 12 persen. Angka tersebut diperoleh dari input Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Makassar.
Kepala Bidang Perencanaan Perluasan dan Penempatan Tenaga Kerja (Penta) Disnaker Kota Makassar, Iriansjah mengatakan, angka pengangguran yang diperoleh dari BPS tentunya mendorong Disnaker Kota Makassar untuk meminimalisir angka pengangguran yang ada di Makassar.
Apalagi, Disnaker Kota Makassar telah mencatat sebanyak 14 ribu tenaga pencari kerja atau pengangguran di Makassar. Disnaker juga menargetkan penempatan sebanyak 20 ribu tenaga kerja di 2016.
“Dari target 20 ribu penempatan tenaga kerja, saat ini hanya mampu direalisasikan sekitar 10 ribu penempatan tenaga kerja atau dengan berkisar 50 persen. Untuk mengoptimalkan, Disnaker Kota Makassar akan berupaya meminimalisir angka pengangguran melalui penyelenggaraan job fair,” ucap Iriansjah.
Setelah menggelar job fair pada April lalu yang diikuti sebanyak 6 ribu pencari kerja dengan 450 penempatan tenaga kerja, Disnaker Kota Makassar kembali merencanakan akan membuka job fair pada 24 Agustus mendatang yang dilaksanakan bersama Pemprov, pemerintah pusat hingga swasta.
Selain itu, Disnaker Kota Makassar juga akan mendata pengangguran yang berada di lorong-lorong dengan melibatkan RT/RW dengan memberikan pembekalan keahlian tertentu dan memberikan pelatihan sebagai pemberdayaan masyarakat.
“Disnaker memasang target untuk angka pengangguran dapat berkurang hingga akhir tahun nanti dengan angka pengangguran di bawah 8 persen,” ucapnya. (fmc)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top