Dua Perusahaan Tambang Melanggar – KOLAKA POS

KOLAKA POS

BERITA UTAMA

Dua Perusahaan Tambang Melanggar

Kini Diperiksa Tipiker Polda Sultra

KOLAKA POS, KENDARI – Subdit IV Tindak pidana tertentu (Tipiter) Ditkrimsus Polda Sultra, saat ini sedang memeriksa dua perusahaan tambang yang melakukan pelanggaran. Koperasi Serba Usaha (KSU) Buton Bersinar dinilai tidak memiliki IUP (izin usaha pertambangan) sementara PT. Wijaya Karya Bitumen diindikasi melakukan penambangan aspal Buton diluar kawasan IUPnya.
Kasubdit IV Tipiter AKBP Hartono, saat ditemui diruangan kerjanya mengaakui PT. Wijaya Karya Bitumen memang telah memiliki IUP dan telah memproduksi Aspal Buton namun dari laporaan masyarakat terindikasi melakukan pertambangan keluar dari area IUP yang telah disepakati. Pihak penyidik telah melakukan pemanggilan terhadap dua Manager perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu untuk dilakukan pemeriksaan kemarin (15/8) namun kedua saksi tersebut tidak hadir dengan alasan ada urusan penting. ” Masih dalam penyelidikan, ada dua saksi yang kami panggil Wahyu dan Sunardi keduanya manager tetapi pemeriksaannya ditunda sampai tanggal (22/8) mendatang karena, mereka meminta izin tidak dapat memenuhi panggilan kepolisian,” ungkapnya.

Hartono mengatakan untuk penyelidikan pelanggaran KSU Buton bersinar yang melakukan penambangan aspal tanpa IUP, masih dalam proses pemeriksaan saks-saksi, yang sebelumnya telah diperiksa empat orang dari pihak KSU salah satunya pimpinan KSU.Dan akan ada tambahan pemeriksaan saksi dari pihak KSU, sebelum memeriksa pihak Dinas Pertambangan Kabupaten Buton. “Masih banyak yang kami mau periksa untuk KSU Buton Bersinar. Kasus pertambangan ada dua yang sedang kami lakukan penyelidikan yakni, KSU Buton Bersinar dan PT Wijaya Karya Bitumen, dan kedua kasus ini laporannya bersamaan kami terima,” tutupnya. (p2/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top