27 PNS Sultra Berijazah Palsu – KOLAKA POS

KOLAKA POS

BERITA UTAMA

27 PNS Sultra Berijazah Palsu

KOLAKA POS, KENDARI – Setelah sebelumnya disebut-sebut sebanyak kurang lebih 500 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Sulawesi Tenggara (Sultra) yang diindikasikan berijazah palsu, maka Senin (15/8) Sekertaris Daerah (Sekda) Sultra H Lukman Abunawas memastikan dari kurang lebih 500 itu dipastikan sebanyak 27 orang PNS benar-benar berijazah palsu.

Menurutnya ditemukannya 27 orang tersebut, dari hasil penyelidikan pihaknya sejak April hingga Agustus, dan dari 27 orang ini kebanyakan berasal dari lingkup Dinas Kesehatan Sultra.

“Kan itu hari saya bilang sekitar 500 yang diindikasikan ijazah palsu, dan dari hasil pengusutan ditemukan sekitar 27 orang yang berijazah palsu, dan kebanyakan dari dinas Kesehatan sisanya terbagi hampir diseluruh jajaran, ” ungkapnya .

Tentang siapa-siapa saja nama-nama pengguna ijazah palsu tersebut, mantan bupati Konawe ini enggan untuk menyebutkan. “Yang jelas nanti kita umumkan, sekarang kan masih persiapan HUT RI, jadi setelah itu barulah diumumkan,” sebutnya.

Adapun sanksi yang akan diberikan kepada Apartur Sipil Negara (ASN) yang mengunanakan ijazah palsu ini sesuai dengan peraturan yang berlaku, yakni penurunan pangkat dan penundaan kenaikan pangkat.

“Palingan sangsi administrasi diturunkan pangkatnya dari pangkat awal, misalnya dia golongan IIc dia mengusulkan naik golongan IIIa, namun bukan kenaikan yang dia dapat tetapi diturunkan kembali ke posisi awalnya sebelum dia menggunakan ijazah itu, dan penundaan kenaikan pangkat,” tutupnya (k1/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top