Transportasi Terputus, Pemerintah Desa Lamundre Bangun Jembatan – KOLAKA POS

KOLAKA POS

BERITA UTAMA

Transportasi Terputus, Pemerintah Desa Lamundre Bangun Jembatan

Jembatan Lamundre

Tim monitoring pengelolaan dana desa melakukan kunjungan ke lokasi pembangunan jembatan yang ada di desa Lamundre. Foto : Hasrul/Kolaka Pos

KOLAKA POS, KOLAKA – Jalan di dusun I Desa Lamundre Kecamatan Watubangga akhirnya dapat dihubungkan dengan dibangunnya Jembatan di desa itu. Jembatan yang dibangun dengan panjang 5 x 4 meter itu kini dalam tahap pengerjaan.

Kepala Desa Lamundre, Agustian yang ditemui disela- sela kegiatan monitoring mengatakan bahwa jembatan yang dibangun di wilayahnya itu merupakan usulan yang sangat prioritas dilakukan lantaran keberadaannya dapat menghubungkan jalan yang selama ini tak dapat dilalui lantaran dipisahkan oleh aliran sungai di dusun I.

“Jembatan yang kami bangun ini berada di dusun I dengan ukuran 4×5 meter. Kebetulan tahun ini kami juga membangun jalan di lokasi yang sama maka dengan berdirinya jembatan ini, jalan yang hanya berbentuk seperti jalan setapak dan tak bisa dilalui oleh warga, kelak sudah dapat dilalui oleh kendaraan,”kata Kades Lamundre yang baru ini.

Kepala Desa Lamundre, Agustian menambahkan bahwa saat ini melalui dana yang bersumber dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes, PDT dan Trans) Republik Indonesia sebesar kurang lebih 600 juta rupiah per desa, sekitar 60 persen dari dana tersebut telah digunakan dalam membiayai beberapa pembangunan infrastruktur desa seperti Pembuatan Jalan Usaha Tani, Pembangunan Drainase serta jembatan permanen, dueker dan talud. Selain itu, dengan alokasi dana desa (ADD) yang bersumber dari APBD Kolaka sebesar kurang lebih 700 juta rupiah sekitar 25 persen dari dana tersebut juga telah dimanfaatkan dalam membiayai insentif aparat desa selama triwulan pertama tahun ini. (cr3/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top