Puluhan Senpi Anggota Polres Diamankan – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

Puluhan Senpi Anggota Polres Diamankan

Wakapolres Kolaka Kompol Irwan Andi Purnamawan, SIk (kiri) saat memeriksa Senpi.FOTO : Muzakkir/Kolaka Pos

Wakapolres Kolaka Kompol Irwan Andi Purnamawan, SIk (kiri) saat memeriksa Senpi.FOTO : Muzakkir/Kolaka Pos

KOLAKA POS, KOLAKA – Puluhan pucuk Senjata Api (Senpi) jenis pistol, milik anggota Polres diamankan dalam pemeriksaan rutin, terkait kepemilikan Senpi oleh personel yang izinnya sudah kedaluwarsa, Jumat (12/8).
Pemeriksaan yang dilakukan di pelataran Mako Polres Kolaka, dipimpin langsung oleh Wakapolres Kolaka Kompol Irwan Andy Purnamawan, SIk.
Menurut Irwan, pemeriksaan Senpi yang dimiliki oleh anggotanya, merupakan kegiatan rutin Polres Kolaka, dalam rangka mengecek Senpi anggota. ”Antisipasi terhadap penyalagunaan Senpi oleh personel Polres Kolaka, jadi kita lakukan pemeriksaan, baik terhadap psikologinya maupun terhadap status dan penggunaan senjatanya,” ungkapnya yang ditemui disela acara pemeriksaan.
Mantan Wakapolres Bombana ini menjelaskan, secara umum hampir seluruh Senpi milik anggota Polres Kolaka telah diperiksa, namun saja masih ada beberapa Senpi yang dimiliki personel Polres Kolaka, belum menyetorkan untuk diperiksa. ”Kami beri batas waktu sampai besok (hari ini, red), kalau belum menyerahkan maka kami akan tarik senjatanya, ” jelasnya.
Pada saat pemeriksaan, sedikitnya 10 pucuk Senpi diamankan, lantaran izin penggunaan Senpi yang kedaluwarsa, serta psikologi pemilik Senpi. ”Untuk pengembalian kepada pemiliknya, nanti akan tergantung dari penilaian kita, kemudian penilaian psikologi dari Polda,” terangnya.
Dia berharap, dalam penggunaan Senpi harus sesuai standar operasional prosedur, dan tidak ada pelanggaran penggunaan di lapangan. (cr1)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top