Kolaka Dapat Bantuan Bedah Rumah – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

Kolaka Dapat Bantuan Bedah Rumah

KOLAKA POS, KOLAKA – Kepala Seksi Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Kolaka, Darwis mengungkapkan, tahun ini pihaknya akan merehab sebanyak 60 rumah yang ada di dua kecamatan yaitu Kolaka dan Latambaga. Jumlah rumah yang direhab itu mengalami penurunan dibanding tahun 2015 lalu. Dimana pada saat itu Kolaka mendapatkan bantuan sebanyak 75 unit rumah.
Meskipun jatah Kolaka tahun ini berkurang, tetapi anggaran yang diberikan untuk setiap rumah di tahun ini lebih besar jika dibandingkan dengan anggaran tahun 2015 lalu. Alhamdulah Kolaka mendapatkan program bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) “Tahun 2015 lalu anggaran yang diberikan setiap rumah itu hanya Rp 10 juta saja. Sedangkan untuk tahun ini, setiap rumah yang akan direhab diberikan anggaran sebesar Rp 15 juta,” ungkapnya.

Darwis mengatakan, anggaran yang diberikan itu hanya diperuntukkan untuk membeli keperluan bangunan rumah. Sedangkan pekerjaannya dilakukan secara gotong-royong. Olehnya itu, ia meminta kepada penerima bantuan itu untuk membentuk kelompok dan saling membantu dan bergiliran dalam melakukan perbaikan rumah.”Itu uang nanti akan masuk kekelompok, dan yang akan belanja itu yang punya rumah sendiri, “tambahnya.

Menurut Darwis rumah yang akan direhab yaitu rumah yang memenuhi syarat. Adapun syaratnya diantaranya adalah lahan milik sendiri dan bersedia bekerja. “Kalau tanahnya tidak ada sertifikatnya, maka ia tidak akan mendapatkan bantuan ini. Selain itu ia juga harus siap bekerja. Kalau tidak mampu bekerjasama, dia boleh memanggil keluarganya untuk gotong-royong,” jelasnya. (hud/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top