“Judi” Warnai Kegiatan Pasar Malam di Konut – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

“Judi” Warnai Kegiatan Pasar Malam di Konut

NET/ILUSTRASI

NET/ILUSTRASI

KOLAKA POS, WANGGUDU – Ada-ada saja cara yang dilakukan oknum demi meraih keuntungan banyak. Seperti yang terjadi pada kegiatan Pasar Malam, dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke-71 di Konawe Utara, diwarnai permainan “judi” bola-bola? dan enam sembilan. Permainan bola-bola ini nampaknya sangat menarik perhatian warga, sampai hampir setiap malam permainan ini dibanjiri pengunjung yang terdiri dari semua kalangan, baik orang tua, dewasa bahkan anak remaja yang tergolong masih anak sekolah.
Permainan yang berkedok ketangkasan ini sudah tak bisa lagi dibiarkan, mengingat sejumlah kalangan sudah menolaknya. Sayangnya permainan ini terkesan diabaikan oleh panitia pelaksana kegiatan pasar malam HUT Kemerdekaan RI Ke-71 di Konawe Utara.
Salah seorang warga yang enggan namanya dikorankan membeberkan, permainan bola-bola ini sudah tak lepas dari kegiatan pasar malam, baik disaat ada kegiatan peringatan maupun diluar kegiatan selalu diwarnai kegiatan “judi” ini. Bahkan selain permainan bola-bola ini, adapula permainan “judi” tingkat tinggi berupa permainan angka enam dan sembilan.
“Adapun hadiah diberikan ketika pemainnya dianggap beruntung adalah sebungkus rokok, jika memasang satu kartu untuk nomor yang dipilihnya dan seterusnya, ini untuk hadiah bola-bola. Sedangkan untuk permainan angka, satu bungkus rokok dibeli sama bandarnya dengan harga Rp10 ribu, jika dipasang dan angka yang dipilihnya naik maka akan dibayar dengan rokok satu bungkus pula. Bahkan rokok yang dimenangkannya bisa ditukar dengan uang sebesar Rp10 ribu perbungkusnya. Demikian pula untuk permainan bola-bola, rokok yang dimenangkan bisa diuangkan,” ungkapnya.
Menurutnya, aparat penegakan hukum harus bertindak tegas, mencegah dan memberantas kegiatan permainan “judi” yang berkedok ketangkasan ini, karena mengingat sejumlah warga yang sudah mengklaimnya dan bahkan permainan ini diindikasikan permainan pembodohan masyarakat, karena usia muda sampai tua ketagihan permainan tersebut.
“Berdasarkan pasal 303 KUHP, bertaruh dan dipertaruhkan termasuk dalam jenis judi. Maka tak ada lagi alasan jika permainan bola-bola dan angka enam sembilan ini dibiarkan berjalan dikegiatan pasar malam, dalam rangka memeriahkan kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-71 tahun 2016 ini. Semua pihak terutama penegak hukum sudah semestinya bertindak tegas dan menindak lanjuti hal ini,” tegasnya. (k7)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top