Ratusan Siswa Ikuti Sosialisasi Bela Negara – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

Ratusan Siswa Ikuti Sosialisasi Bela Negara

Dandim: Ini Untuk Menumbuhkan Kembali Pemahaman Generasi Muda

Bupati Kolaka Ahmad Safei saat membawakan materi tentang pemerintahan dan pembangunan pada sosialisasi bela negara, di lingkungan pendidikan tingkat SMA sederajat, yang digelar di Aula Pendopo Rumah Jabatan (Rujab) bupati Kolaka, Kamis (11/7).FOTO : Muzakkir/Kolaka Pos

Bupati Kolaka Ahmad Safei saat membawakan materi tentang pemerintahan dan pembangunan pada sosialisasi bela negara, di lingkungan pendidikan tingkat SMA sederajat, yang digelar di Aula Pendopo Rumah Jabatan (Rujab) bupati Kolaka, Kamis (11/7).FOTO : Muzakkir/Kolaka Pos

KOLAKA POS, KOLAKA – Komando Distrik Militer (Kodim) 1412 Kolaka, melaksanakan sosialisasi bela negara, di lingkungan pendidikan tingkat SMA sederajat, yang digelar di Aula Pendopo Rumah Jabatan (Rujab) bupati Kolaka, Kamis (11/7).
Bupati Kolaka Ahmad Safei membawakan materi tentang pemerintahan dan pembangunan, Kapolres Kolaka AKBP Darmawan Affandy membawa materi bahaya narkoba, Kajari Kolaka Jefferdian membawa materi tentang penanggulangan Korupsi, Dandim 1412 Kolaka Letkol Czi Cosmas MD membawakan materi cinta tanah air, dalam kegiatan yang dihadiri lima sekolah, dengan jumlah peserta sekitar 500 orang tersebut.
Dandim 1412 Kolaka Letkol Czi Cosmas MD menjelaskan, kegiatan sosialisasi bela negara dimotori oleh Panglima Kodam VII Wirabuana, yang dilaksanakan di lingkup pendidikan setingkat SMA sederajat, diseluruh Satkorwil jajaran Kodam VII Wirabuana.
”Kegiatan ini dimaksudkan, untuk menumbuhkan kembali pemahaman bela negara bagi generasi muda, khususnya bagi pelajar SMA sederajat,” ungkapnya yang ditemui usai kegiatan.
Hal tersebut sangat penting kata dia, mengingat era reformasi dan globalisasi saat ini, telah membawa perubahan terhadap berbagai sendi kehidupan masyarakat, yang mengakibatkan lunturnya semangat bela negara dalam diri para generasi muda. ”Sehingga hal tersebut sangat berpotensi mengancam pertahanan negara,” ujarnya.
Apalagi lanjut Cosmas, tantangan bangsa ini selalu diwarnai oleh perkembangan informasi, yang masuk dengan sangat mudah dan tanpa penyaringan.
”Hal itu sebagai hasil perkembangan teknologi informasi dan elektronika, telah menyebabkan perubahan besar-besaran pada tatanan dan pola hidup bangsa ini,” terangnya.
Olehnya itu, Kodam VII Wirabuana melakukan sosialisasi bela negara sebagai langkah konkrit, dalam menumbuhkan kembali pemahaman tentang kondisi dan tantangan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia, kepada para generasi muda sebagai kader penerus perjuangan bangsa.
”Diharapkan dengan kegiatan ini, generasi muda memiliki bekal yang memadai untuk mempersiapkan diri, menjadi generasi harapan bangsa dalam mengabdi kepada bangsa dan negara, sehingga dapat membentengi diri dari berbagai ancaman baik dari dalam maupun luar negeri,” tandasnya. (cr1)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top