Diusul ke Pusat, Remisi 67 Orang Napi Sultra – KOLAKA POS

KOLAKA POS

KOTA KENDARI

Diusul ke Pusat, Remisi 67 Orang Napi Sultra

KOLAKA POS, KENDARI – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Hukum dan Ham (Kemenkum Ham) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mengusulkan pemberian Remisi terhadap 67 orang Nara Pidana (Napi) ke Kemenkum HAM Republik Indonesia dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) RI yang ke 71 tahun.

Menurut kepala divisi pemasyarakatan Kantor Kemenkum Ham Sultra H Muslim Napi yang mendapat remisi tersebut terdiri dari Rumah Tahanan (Rutan) dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) yang ada di Sultra, yang secara spesifikasinya Lapas kelas IIA Kendari 51 orang, Lapas kelas IIA Baubau tujuh orang orang, Rutan kelas IIB Kolaka enam orang, dan Rutan kelas IIB Unaaha tiga orang.

“Jadi kalau Lapas IIA Kendari terdiri dari 47 orang kasus Narkoba, Tiga orang Korupsi, dan satu orang ailegal loging, Lapas Kelas IIA Baubau tujuh orang semuanya Narkotika Sedangkan Rutan Kelas IIB Kolaka Narkotika juga enam orang dan Rutan Kelas IIB Unaaha semuanya juga Narkoba itu tiga orang,” katanya Kamis (11/8).

Menurutnya beberapa persyaratan yang harus dipenuhi para narapidana untuk bisa mendapatkan remisi kemerdekaan antara lain berkelakuan baik, tidak melanggar aturan di dalam Lapas dan mengikuti semua program bimbingan yang diberikan petugas dengan baik. Hal itu menurut dia mengacu Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 99 Tahun 2012 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Permasyarakatan serta PP Nomor 28 Tahun 2006.

“Jadi yang mendapat remisi kami nilai telah berkelakuan baik selama menjalani masa tahanan, serta secara umum mereka telah berada di Lapas sekurang-kurangnya 6 bulan,” jelasnya.

Ia mengharapkan pemberian remisi tersebut dapat memberikan dorongan bagi warga binaan lainnya untuk berkelakuan baik. “Pemberian remisi akan diberikan setelah ada persetujuan dari pusat, yang biasanya itu diturunkan setelah tanggal 17 agustus,” tutupnya (k1/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top