Dicopot, Pejabat Ijazah Palsu – KOLAKA POS

KOLAKA POS

BERITA UTAMA

Dicopot, Pejabat Ijazah Palsu

Mujahidin : 3.010 Ijazah PNS Kolaka akan Diverifikasi

KOLAKA POS, KOLAKA – Maraknya ijazah palsu membuat Pemda Kolaka melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) melakukan verifikasi terhadap ijazah PNS lingkup Pemda Kolaka. Hanya saja, meskipun BKD telah mengumpulkan seluruh ijazah PNS sejak Mei lalu, namun BKD belum juga melakukan verifikasi. Sehingga hingga saat ini, PNS yang menggunakan ijazah palsu di Kolaka belum diketahui.

Kepala BKD Kolaka Mujahidin melalui Kepala Bidang Pembinaan dan Pensiunan BKD Kolaka, Hasimin mengungkapkan, pihaknya telah mengumpulkan sebanyak 3.010 ijazah PNS Kolaka. Hanya saja ijazah tersebut belum diverifikasi. Alasannya, verifikasi ijazah dilakukan dengan sistim berbasis komputer (CAT). Sedangkan, jumlah tenaga di BKD sangat terbatas. “Dalam verifikasi ijazah itu kami menggunakan sistim CAT. Sedangkan, tenaga kami untuk melakukan verifikasi itu sangat terbatas. Belum lagi banyaknya pekerjaan wajib yang sedang dikerjakan,” tuturnya.

Ia menambahkan, selain kekurangan tenaga, pihaknya juga belum menerima instruksi dari Sekda untuk melakuan verifikasi. “Kami juga belum menerima instruksi dari Sekda makanya kami belum verifikasi,” katanya.

Lanjut Hasimin, jika pada saat verifikasi pihaknya menemukan ijazah PNS yang disinyalir palsu atau asli tetapi cara mendapatkannya tidak melalui proses yang wajar, maka PNS yang bersangkutan akan diproses. Jika ia terbukti melakukan ijazah palsu, maka ia dapat dikenakan sanksi. “Kalau memang PNS itu tahu atau terlibat dalam penggunaan ijazah palsu, maka ia dapat saja dikenakan sanksi pegawai. Jika ia memegang jabatan, maka ia dapat dicopot dari jabatannya,” tandasnya. (hud/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top