Dana Rutin SMAN 3 Kulisusu Utara Diproses – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Dana Rutin SMAN 3 Kulisusu Utara Diproses

Kasubag Keuangan Dinas Pendidikan Butur, Mustafa.

Kasubag Keuangan Dinas Pendidikan Butur, Mustafa.

KOLAKA POS, BUTUR – Setelah menunggu cukup lama, harapan SMAN 3 Kulisusu Utara Kabupaten Buton Utara (Butur), untuk mendapatkan dana Rutin sekolah akan segera terwujud. Bila tidak ada aral melintang, Dana Rutin SMAN 3 Kulisusu Utara akan diberikan pada Oktober 2016 mendatang, lantaran masih diproses.
Kasubag Keuangan Dinas Pendidikan Butur, Mustafa mengatakan, penyebab belum diserahkan dana rutin SMAN 3 Kulisusu Utara karena masih sekolah baru. Rencananya dana tersebut bisa dicairkan pada Oktober 2016 mendatang, karena sudah dimasukan ke dalam anggaran perubahan. Bahkan saat ini sudah masuk di BAPPEDA dan akan dibahas DPRD Butur.
“Jadi untuk pencarian dana rutin sekolah, baru memasukan di anggaran perubahan. Bahkan, usulan itu sudah masuk di BAPPEDA dan masih esistensi lagi akan ditetapkan oleh dewan. Kemungkinan itu sekitar bulan 10 2016. Yang jelas setelah penetapan ini sudah bisa pencairan,” ungkapnya.
Ia mengungkapkan, sekolah yang belum mendapatkan dana rutin tidak hanya SMAN 3 Kulisusu Utara, namun juga SMP 1 Bubu. Kedua sekolah itu belum mendapatkan karena masih sekolah baru. “Kalau jumlah sekolah yang belum mendapatkan dana rutin itu hanya sekolah baru seperti SMAN 3 Kulisusu Utara dan SMP 1 Bubu,” ujar pria yang bersahaja ini.
Untuk anggaran rutin yang diterima sekolah itu bervariasi tergantung dengan jumlah siswa. Namun untuk rutin sekolah baru seperti SMP itu untuk tahap awal kemungkinan mereka menerima sekitar Rp 30 juta, sedangkan SMA itu Rp 50 juta. “Kalau dana rutin untuk ke dua sekolah tersebut sudah dialokasikan di perubahan anggaran ini. Kalau anggarannya itu bervariasi dari jumlah siswa. Tapi untuk sekolah baru seperti SMP kemungkinan sekitar Rp 30 juta. Kalau SMA itu Rp 50 juta. Dan itu tahap awal, tapi nanti di 2017 bisa ditambah, karena ini hanya awal saja,” terangnya.
Sementara itu, Kepala SMAN 3 Kulisusu Utara Kamil Jufri mengatakan, pihak sekolah sangat senang bila anggaran rutin akan segera diterima. Sebab, anggaran tersebut akan digunakan sesuai dengan post-post yang sudah dtentukan, agar proses mutu sekolah bisa ditingkatkan.
“Kami sangat senang bila anggaran tersebut bisa segera dicairkan. Sebab, anggaran tersebut sangat dibutuhkan untuk sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan,” paparnya.
Ia menjelaskan, dana rutin sangat penting karena bisa membantu dalam meningkatkan mutu pendidikan. Misalnya saja bisa digunakan dalam sistem pembelajaran, seperti pengadaan buku sekolah. “Dana rutin sangat penting, karena sangat membantu peningkatan mutu, misalkan saja, ada memfasilitasi sekolah dalam meningkatkan sistem pelajaran, pengadaan buku dan sebagainya yang menyangkut peningkatan mutu,” terangnya.
Ia berharap, agar pencairan dana rutin tidak ada kendala sesuai dengan usulan Dinas Pendidikan. “Kalau tidak ada halangan dana rutin itu bisa diproses pada bulan 10 nanti. Kami sangat berharap karena kehadiran dana ini sangat membantu sekolah karena untuk peningkatan mutu. Disamping itu, saya juga berharap agar sekolah kami lebih diperhatikan lagi, karena daerah ini aksesnya cukup jauh, baik itu internet maupun telepon dari Dinas Pendidikan Buton Utara. Jadi saya kira alokasi tentang pembangunan fisik maupun non fisik butuh perhatian khusus,” tandasnya. (hrn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top