Polda Lidik, Tambang Aspal tanpa Izin – KOLAKA POS

KOLAKA POS

KOTA KENDARI

Polda Lidik, Tambang Aspal tanpa Izin

KSU Buton Bersinar akan Diperiksa

KOLAKA POS, KENDARI – Penyidik Subdit IV Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) Direktorat Kriminal Khusus (Ditkrimsus), kini
sedang melakukan penyelidikan terhadap penambangan Aspal tanpa mengantongi izin pertambangan yang dikelola oleh Koperasi Serba Usaha (KSU) Buton Bersinar di Kecamatan Pasar Wajo kabupaten Buton.

Penyelidikan tersebut bermula dari Laporan masyarakat. Bahwa KSU telah melakukan penambangan, di Pasar Wajo, Kabupaten Buton, sementara tidak memiliki izin usaha, sehingga masyarakat setempat melaporkan kepada pihak yang berwajib.

Kasubdit IV Tipiter Ditkrimsus Polda Sultra AKBP Hartono membenarkan adanya laporan masyarkat setempat, bahwa salah satu Koperasi melakukan pertambangan Aspal tanpa memiliki Izin Usaha Pertambangan(IUP). “Ada laporan dari warga hari Senin (8/8), setelah mendapatkan laporan tersebut, dan kamu mengecek lokasi tersebut ternyata benar ada aktivitas pertambangan di daerah tersebut,” imbuhnya. Saat ditemui di ruangannya. Rabu (10/8).

Lebih lanjut, setelah mendapatkan Laporan tersebut pihakya langsung melakukan penyelidikan. “Dan hari Jumat (12/8) mendatang pihaknya akan memanggil pihak KSU yaitu Pimpinan dan empat kariyawannya,” katanya.

Ia menambahkan, bukan hanya itu Subdit IV juga akan melakukan pengecekan lokasi bersama Kepala Dinas (Kadis) pertambangan Kabupaten Buton bersama staf Kadis. “Setelah melakukan pengecekan bersama Kadis, kami juga akan memeriksa Kadis sebagai saksi dalam kasus penambangan tanpa izin ini,” tutupnya. (p2/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top