Pemerintah Gelar Monev atas Pengelolaan Dana Desa dan ADD – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SAFARI DESA

Pemerintah Gelar Monev atas Pengelolaan Dana Desa dan ADD

Hasrul / Kolaka Pos

Hasrul / Kolaka Pos

KOLAKA POS, KOLAKA – Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka melalui tim terpadu saat melakukan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) atas pengelolaan dana desa dan dana alokasi desa tahun ini. Tim yang terdiri dari unsur Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPM dan Pemdes), Dinas Pekerjaan Umum, Bagian Hukum dan Camat itu mengunjungi seluruh desa yang berada di zona kerja masing masing guna melihat langsung sejauh mana kegiatan pembangunan fisik, dana pemberdayaan, Bumdes serta kegiatan lainnya yang bersangkut paut dengan anggaran dana desa dan ADD.

Koordinator Monev zona III yang juga kepala BPM dan Pemdes Kolaka, Akbar mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan saat ini merupakan kegiatan monitoring dan evaluasi terhadap pengelolaan dana desa dan ADD di tingkat desa yang saat ini tengah berjalan. Hal hal yang menjadi sasaran monev ini adalah kata dia, pembangunan infrastruktur yang ada di desa yang didanai oleh DD dan ADD, pemberdayaan masyarakat, sistim pengelolaan administrasi, serta kegiatan desa lainnya.

“Jadi tim monitoring ini oleh pemerintah daerah Kolaka dibentuk dalam 3 zona meliputi zona I Kecamatan Iwoimendaa, Wolo dan Samaturu. Zona II meliputi Kecamatan Wundulako, Baula dan Pomalaa, sementara untuk zona III meliputi Kecamatan Tanggetada, Polinggona, Watubangga dan Toari, yang mulai berjalan sejak tanggal 1 Agustus yang lalu hingga selesai dilakukan seluruh monitoring kepada seluruh desa yang ada di Kabupaten Kolaka,” kata Akbar.

Mantan Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kolaka ini menambahkan bahwa bagi desa yang telah dilakukan monitoring dan terdapat catatan terhadap kegiatan yang perlu mendapat perbaikan, agar melaksanakannya agar pengelolaan kegiatan yang menggunakan dana desa maupun dana alokasi desa bisa dipertanggung jawabkan dengan sebaik baiknya.

Sementara itu, Camat Watubangga, Djamaluddin Sise yang turut mendampingi tim monev di wilayahnya menyambut baik atas kegiatan ini.

“Kami turut berterima kasih atas dilakukannya monitoring di wilayah kami agar di kemudian hari, pengelolaan keuangan desa yang ada di Kecamatan Tanggetada tidak terjadi temuan temuan yang mengarah pada penyimpanan anggaran. Sebab bagaimanapun seluruh keuangan yang digunakan oleh desa harus dikelola dengab sebaik mungkin,”kata Camat Watubangga. (cr3/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top