KKSS Butur Ramaikan HUT RI ke 71 – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

KKSS Butur Ramaikan HUT RI ke 71

Sejumlah anggota Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) saat mengikuti Devile yang digelar Pemerintah Kabupaten Buton Utara beberapa waktu lalu.FOTO : Kanda Harun/Kolaka Pos

Sejumlah anggota Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) saat mengikuti Devile yang digelar Pemerintah Kabupaten Buton Utara beberapa waktu lalu.FOTO : Kanda Harun/Kolaka Pos

KOLAKA POS, BUTUR – Memeriahkan perayaan HUT RI yang ke 71 dan HUT Buton Utara (Butur), Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Butur, ikut serta dalam kegiatan yan digelar Pemkab Butur.
Ketua KKSS Butur, H. Lasaddu DP mengatakan, sebagai mitra KKSS akan terus mendukung program pemerintah. Salah satu wujud dukungannya, KKSS turut berpartisipasi dalam memeriahkan HUT RI dengan mengikuti Devile yang digelar Pemkab Butur waktu lalu. “Sebagai wujud dukungan kami adalah turut berpartisipasi untuk memeriahkan HUT RI. Ini merupakan langkah awal yang dilakukan KKSS Butur setelah terbentuk pengurus yang baru. Jadi segala perayaan nasional maupun yang dilaksanakan Pemerintah, kita berupaya untuk mengikutinya dan ikut ambil bagian,” ungkapnya.
Selain itu, untuk menunjukan kepada publik bahwa KKSS tetap aktif di Butur. Sebab, sejak dibentuk beberapa tahun lalu, KKSS ini dianggap jalan ditempat. “Kami ingin menunjukan kepada publik bahwa KKSS ada dan hidup di Butur, karena sebelumnya dianggap jalan ditempat. Tapi sekarang seiring pergantian pengurus baru, kita berupaya agar KKSS ini agar tetap jalan,” paparnya.
Ia berharap, KKSS terus berkiprah dan berkembang seiring dengan pertumbuhan Kabupaten Butur. “Kami berharap, KKSS ini bisa terus berkiprah dan berkembang seiring dengan tumbuhnya Buton Utara. Namun itu semua bisa terwujud bila seluruh anggota terus memberikan dukungan, karena kerukunan keluarga ini merupakan kerukunan sosial tidak berbasis keuangan. Untuk itu saya kami mengajak warga yang memiliki keturunan Sulawesi Selatan untuk bergabung. Misalnya saja, istrinya Sulawesi selatan atau suaminya bisa bergabung. Disni kita tidak membeda-bedakan suku, ras dan agama,” tandasnya.
Sementara itu, Pembina KKSS Butur H. Aman Tabah mengatakan, KKSS merupakan sebuah sekurunan sosial dan mitra pemerintah dalam membangun daerah secara bersama-sama. “Terbentuknya KKSS adalah organisasi sosial dan mitra pemerintah dalam membangun daerah secara bersama-sama. Artinya dalam program yang dilakukan pemerintah, kita ikut membangun bersama-sama utamanya warga KKSS ini banyak bercokol di bidang Pertanian, Keagamaan, sosial lainnya,” ujarnya.
Salah satu wujud dukungan terhadap program pemerintah, selain ikut serta dalam kegiatan HUT RI, KKSS juga bekerjasama dengan warga Butur dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di bidang pertanian. “Kita akan contoh kepada yang lainnya untuk saling bekerjasama dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Karena kita lihat di daerah ini, berocok tanamnya ini belum dilakukan secara benar. Jadi kita juga saling berbagi ilmu dalam bertani yang benar, agar program pemerintah ini bisa berjalan baik,” ungkapnya.
Ia mengungkapkan, sejauh ini sejak hadir ditengah warga KKSS sudah melakukan sharing dengan warga lain dalam bercocok tanam. Seperti saat ini, di Butur sudah mengembangkan tanaman nilam. “Sejauh ini sudah ada warga lain yang membuka pertanian di Butur. Alhamdulillah, kami memberikan contoh bagaimana bercocok tanam nilam yang benar, beternak dan menanam coklat yang benar. Sebab, yang membawa tanaman ini (nilam,red) adalah warga Sulewesi Selatan. Jadi untuk mengembangkan komoditi ini kita membutuhkan wadah, kita harus saling berdiskusi untuk masyarakat kabupaten butur ini,” terangnya.
Ia menambahkan, hadirnya KKSS ini untuk menjadi mitra pemerintah dalam membantu dalam memajukan Buton Utara. “Jadi siapapun pemimpinnya kita bersama-sama untuk memajukan daerah ini dan itu adalah intinya dari KKSS ini. Kita akan selalu mendukung program pemerintah. Kami berharap bisa menciptakan rasa damai bersama dengan warga Butur,” tandasnya. (hrn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top