Diknaspora Kolut Ingatkan Sekolah Tidak Lakukan Pungli – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Kolaka Timur

Diknaspora Kolut Ingatkan Sekolah Tidak Lakukan Pungli

KOLAKA POS, LASUSUA – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Diknaspora) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) meminta seluruh sekolah tidak melakukan pungutan liar (pungli), dengan cara mengatasnamakan Pemerintah. Pasalnya, bila ada sekolah yang kedapatan menggunakan nama Diknaspora untuk melakukan pungli akan diberikan sanksi tegas.
“Siapapun yang memungut uang pada siswa dan sangat memberatkan, baik oknum guru maupun kepala sekolah harus segera dilaporkan di Diknas untuk ditegur dan dimintai pertanggung jawaban,” ungkap Kepla Diknaspora Mukrim kepada Kolaka Pos, Rabu (10/8).
Lanjut dikatakan, pungutan itu mengatasnamakan Diknas yang sama sekali tidak diketahuinya harus segera di laporkan agar tidak mencedrai dunia pendidikan di Kolaka Utara.
“Ia ada indikasi teman-teman dari oknum guru atau kepala sekolah yang melakukan tindakan dengan mengatasnamakan Diknas,” katanya.
Menurut Mukrim laporan yang sering kali diterimanya yakni para pedagang keliling atau penjual asesoris sekolah yang bekerja sama kepala sekolah dan guru mengatasnamakan suruhan Diknas.
“Kami tidak pernah merekomendasikan pedangan keliling untuk masuk di sekolah apalagi saat jam belajar yang bisa menganggu siswa dan ini yang sering kali kami dapat laporannya,” ujar Mukrim.
Dirinya mengungkapkan program pemerintah daerah dan pusat yakni pendidikan gratis tidak boleh di ada pungutan terhadap siswa dalam bentuk apapun tampa persetujuan dari orang tua siswa.
“Kita sangant mengharapkan pihak sekolah tidak melakukan pungutan yang mengatasnamakan Diknas atau mengatasnamakan kepentingan sekolah,tegasnya. (k2)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top