130 Kontingen Kwarcab Konawe Diberangkatkan ke Jamnas – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

130 Kontingen Kwarcab Konawe Diberangkatkan ke Jamnas

 Wakil bupati Konawe Parinringi saat melepas kontingen Kwarcab Konawe.FOTO : Husman/Kolaka Pos

Wakil bupati Konawe Parinringi saat melepas kontingen Kwarcab Konawe.FOTO : Husman/Kolaka Pos

KOLAKA POS, UNAAHA – Kemarin (10/8), wakil bupati Konawe Parinringi, melepas kontingen Kwarcab Konawe sebanyak 130 peserta, untuk mengikuti jambore nasional (Jamnas) X di bumi perkemahan Cibubur, yang bakal dilaksanakan mulai 13-21 Agustus.
Rombongan kontingen Kwarcab Konawe, terdiri dari peserta Jamnas dan pendamping 80 orang serta peninjau sebanyak 50 orang. Diharapkan, mereka mampu membentuk kaum muda dalam hal spiritual, emosional, sosial, intelektual dan fiskal, agar kedepan generasi muda Konawe memiliki karakter budi pekerti yang luhur.
Parinringi mengatakan, kegiatan yang akan diikuti dari peserta Konawe diharapkan mampu menumbuhkembangkan karakter diri masing-masing dan dapat diaplikasikan ke lingkungan sekitar, karena gerakan pramuka merupakan sarana pendidikan luar sekolah yang mampu memberikan nilai plus bagi peserta.
“Gerakan pramuka merupakan salah satu wahana pendidikan yang perlu terus kita kembangkan, olehnya itu melalui dengan gerakan ini anak-anak dan para remaja bangsa kita khususnya di kabupaten Konawe memiliki wadah untuk membina dan mengembangkan rasa saling pengertian, kesadaran dan persahabatan antara anggota pramuka penggalang, sebagai salah satu sarana perekat bangsa untuk meingkatkan kualitas penggalang melalui kegiatan pramuka ini,” ujarnya.
Selain itu, kegiatan ini diharapkan akan terus dilaksanakan, karena peran dalam memberikan pendidikan kepada generasi muda begitu besar manfaatnya, terlebih jika para peserta mampu menyalurkan ilmu yang didapatnya dari kegiatan ini disegala aspek lingkungan, tidak hanya dilingkup kepramukaan saja.
“Saya sangat mengharapkan agar aktifitas yang dilaksanakan pada jambore nasional 2016 ini, yang dilaksanakan secara berkesinambungan dengan motto saryaku kudharmakan, dharmaku kubaktikan hendaknya dapat dijadikan momentum untuk lebih giat lagi dalam berbagai upaya menciptakan SDM yang berkualitas, dan mampu memahami tentang kepemimpinan dan pembinaan di bidang spiritual, sikap kekeluargaan dan gotong royong demikian dengan keterampilan yang berguna bagi dirinya maupun masyarakat,” imbuhnya.
Parinringi tidak menampik, bahwa kegiatan pramuka di Konawe telah jauh berkurang, bahkan kegiatan yang dilaksanakan juga tidak lagi begitu berkesinambungan. Olehnya itu, dengan masa kepemimpinannya bersama Kery Saiful Konggoasa, kegiatan seperti ini akan terus dilaksanakan tiap tahunya, agar mampu mengkader pemuda dari kepramukaan menjadi kader-kader handal dan menciptakan pemimpin masa depan.
“Harus diakui bahwa pada saat ini minat generasi muda terhadap gerakan pramuka tempak telah jauh berkurang. Padahal dalam waktu yang bersamaan, masalah yang dihadapi oleh generasi muda tampak semakin meningkat. Upaya yang penting dilakukan oleh kita semua adalah membangun citra pramuka melalui jambore nasional maupun daerah, agar menjadi out ward bond yang dijadikan kepemimpinan di alam terbuka, yang didalamnya terdapat latihan kepemimpinan, kerjasama, pengorganisasian dan pengambilan keputusan,” tutupnya. (m4)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top