Dibudpar: Kami Berencana Menambah Insentif Tolea – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

Dibudpar: Kami Berencana Menambah Insentif Tolea

DEP_0198KOLAKA POS, KOLAKA – Kepala Dinas Kebudayaan dan Parawisata Kolaka Hasminto, menjelaskan bahwa saat ini Pemkab Kolaka telah memberikan insentif kepada Tolea (juru bicara) yang ada di beberapa kecamatan di Kolaka.
“Tugas Tolea itu lumayan rumit, sehingga kami Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kolaka berinisiatif memberikan insentif kepada Tolea tersebut sebesar Rp400 ribu perbulan,” ujar Hasminto.
Jumlah Tolea yang ada di Kolaka itu ada 24 orang yang tersebar di 12 kecamatan. Sedangkan tugas utama Tolea adalah sebagai perantara pihak laki-laki maupun perempuan jika akan melangsungkan pelamaran.
“Selain pelamaran dalam pernikahan Tolea juga dipercaya sebagai pemandu jika ada upacara adat. Dia juga biasa melakukan penyesuaian adat jika ada permasalahan di kampung,” ungkapnya.
Menurut Hasminto, yang menjadi Tolea di Kolaka kebanyakan orang yang ditujukan di kampung atau di kecamatan tersebut. Ia juga menjelaskan, Tolea ini orang dituakan serta menjadi contoh di masyarakat sekitarnya, Tolea dalam adat itu berdiri sendiri. “Kami berencana akan menambah jumlah insentif Tolea di Kolaka. Insya Allah tahun depan kami akan ajukan,” paparnya. (hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top