Tahun Ini, Koltim Cetak 1000 Hektar Sawah Baru – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Kolaka Timur

Tahun Ini, Koltim Cetak 1000 Hektar Sawah Baru

KOLAKA POS, TIRAWUTA – Rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur (Koltim) untuk mencetak tiga ribu hektar sawah baru belum bisa terealisasi. Pasalnya, Pemerintah pusat hanya merealisasikan sekitar seribu hektar cetak sawah baru. Hal itu dikatakan langsung oleh Kepala Dinas Pertanian Pemkab Koltim, Salwin kepada Kolaka Pos.

Salwin mengatakan, dari total 3.200 hektar cetak sawah baru yang diusulkan, seribu hektar yang terealisasi. Olehnya itu, saat ini cetak sawah sementara dalam proses pengerjaan. “Kalau yang sudah selesai dari jumlah itu, sudah sekitar 501 hektar. Sisanya sementara dalam proses,” jelasnya.

Percetakan sawah baru tersebut katanya, bersumber dari APBN dan Satker Provinsi dengan pengawasan langsung oleh pihak TNI. Ia juga mengatakan, percetakan sawah baru tersebut hampir merata pada setiap kecamatan yang ada di Koltim. Namun khusus bagi Kecamatan yang memiliki potensi untuk persawahan. Misalnya, di Kecamatan Dangia, Uluiwoi, Poli-Polia, Ladongi, Tinondo dan Lalolae. “Mereka itu hampir semua mendapat percetakan sawah baru pada tahun ini,” tutupnya.

Untuk itu ia berharap, semoga dengan adanya percetakan sawah baru kali ini, bisa meningkatkan hasil produksi gabah yang ada di Koltim, sehingga Koltim bisa menjadi penghasil beras terbanyak di Sultra atau sesuai dengan visi misi bupati Koltim, yakni demi terciptanya kesejahteraan masyarakat pada umumnya. (ing)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top