Seribu KIS Dikembalikan – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

Seribu KIS Dikembalikan

KOLAKA POS, KOLAKA – Sedikitnya seribu Kartu Indonesia Sehat (KIS) di Kolaka, akan dikembalikan ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ksehatan di Jakarta. Pasalnya, banyak kesalahan yang ditemukan pada KIS tersebut, salah satunya tidak diketahuinya penerima kartu tersebut.
Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Kolaka, Alvian mengatakan, saat ini yang dipercayakan untuk mendistribusikan KIS di Kolaka adalah dinas sosial,melalui Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK).
“Ada 1.000 kartu yang akan dikembalikan ke BPJS Kesehatan, sudah termasuk yang meninggal dan yang ganda, dari total kartu BPJS 5.200 lembar kartu yang ada,” ujar Alvian.
Selain BPJS kesehatan nasional, Pemkab Kolaka juga telah menjamin masyarakat Kolaka yang kurang mampu, dengan BPJS Kesehatan yang menggunakan dana APBD. Saat ini tercatat 14 ribu masyarakat Kolaka yang telah mendapat BPJS kesehatan di tanggung Pemda Kolaka.
“Kalau kami verifikasi ada yang ganda, kami nanti akan hapus satu dan nanti akan diganti dan TKSK akan melakukan pendataan dan akan mengusulkan untuk peserta BPJS Kesehatan. Yang paling banyak bermasalah dan tidak ada orangnya itu di kecamatan yang ada Pesantrennya, misalkan di Kecanatan Polinggona itu banyak karena para santri yang terdata itu sudah tidak ada di Pesantren itu. Data itu bukan kami yang lakukan, karena data untuk penerima itu dilakukan pada tahun 2011,” katanya. (hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top