Sekda Nilai Camat Pomalaa Salah! – KOLAKA POS

KOLAKA POS

BERITA UTAMA

Sekda Nilai Camat Pomalaa Salah!

Soal Setoran “Wajib” Rp50 Ribu Bagi PNS

 

KOLAKA POS, KOLAKA – Ulah camat Pomalaa Sairman Cs, yang menginstruksikan seluruh PNS yang ada di kecamatan Pomalaa, menyumbang ”setoran wajib” Rp50 ribu, dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke 71, ditanggapi oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Kolaka Poitu Murtopo.
Menurut Komandan PNS di kabupaten Kolaka ini, apa yang dilakukan oleh mantan camat Polinggona dan panitia peringatan HUT RI kecamatan Pomalaa tersebut, sebuah kesalahan jika harus ada patokan nilai dalam bentuk rupiah.
”Infonya saya belum tahu, karena saya saja baru pulang rapat. Kalau mereka rapatkan dan putuskan untuk menyumbang ya sah-sah saja, tapi kalau berupa potongan (patokan, red) ya tidak ada aturan seperti itu untuk diwajibkan,” ungkapnya saat ditemui di hotel Sutan Raja Kolaka.
Ia berjanji akan memanggil Sairman, jika saja apa yang dilakukan menuai protes dari PNS di tanah merah. ”Itu yang saya katakan tadi, kecuali dirapatkan dan disepakati tidak ada paksaan, namanya sumbangan sukarela ya seikhlasnya, tapi kalau ada yang keberatan ya jangan. Nanti saya akan panggil camatnya (Pomalaa, red), tapi coba cek di kecamatan lain ada tidak seperti itu,” tanyanya sambil mengakhiri percakapan.
Senada hal itu juga disampaikan oleh ketua DPRD Kolaka Parmin Dasir, menurutnya sumbangan yang sifatnya sukarela, tanpa harus ada patokan. ”Kalau tidak ada patokanya sah saja, tidak ada masalah kalau menurut saya sebagai partisipasi, tapi kalau dipatok ya saya kira itu merupakan suatu paksaan dan saya kira itu kurang tepat menurut saya. Apalagi kalau ada instruksi harus membayar sekian, kemudian ada PNS yang merasa keberatan, saya fikir itu kekeliruan yang dilakukan camat,” tandasnya.
Untuk diketahui, berdasarkan hasil keputusan rapat pembentukan panitia HUT (PANHUT) kemerdekaan RI tingkat kecamatan Pomalaa, 21 Juli lalu, di aula kantor camat Pomalaa, bahwa salah satu sumber pendanaan yang disepakati untuk menunjang PANHUT ini adalah sumbangan Pegawai Negeri Sipil (PNS), di wilayah kecamatan Pomalaa sebesar Rp50 ribu per PNS. Tak tanggung-tanggung, yang bertindak sebagai pelindung (penasehat) dalam susunan panitia pelaksana kegiatan tersebut, yakni camat Pomalaa, Danramil 1412-02 Wundulako-Pomalaa, Kapolsek Pomalaa, GM (SVP) PT. Antam Tbk UBPN Sultra, Pimpinan PT. SJS, Pimpinan PT. Geomin, Pimpinan PT. SSB dan Pimpinan PT. Wijaya Karya. (cr1/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top