Kontingen Kwartir Bombana Meriahkan Jambore Nasional – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Kontingen Kwartir Bombana Meriahkan Jambore Nasional

KOLAKA POS, BOMBANA – Agenda jambore nasional yang diselenggarakan tiap lima tahun sekali, tidak pernah luput dari kwartir cabang Bombana sebagai peserta. Sebanyak 11 peserta resmi dilepas oleh Kapolres Bombana AKBP Hery Susanto, selaku wakil ketua II Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab), untuk mengikuti jambore nasional ke X di perkemahan besar Cibubur.
Pembina peserta Ilham mengungkapkan, kegiatan ini merupakan agenda nasional yang mempertemukan pramuka penggalang se-Indonesia yang diselenggarakan oleh kwartir nasional.
Ia menjelaskan, jambore merupakan kegiatan rekreasi yang bersifat edukatif di alam terbuka, dalam bentuk perkemahan besar pramuka penggalang.
Selain itu kata Ilham, jambore juga menitik beratkan pada pengembangan diri peserta yang terdiri dari mental, fisik intelektual, spritual dan sosial.
Dari 11 peserta didik terdiri dari enam putra lima putri yang berada di setiap wilayah Bombana, yang diseleksi dari jambore cabang dan daerah, mereka yang diseleksi terdiri dari kecerdasan intelektualnya, keaktifan dalam mengikuti kegiatan pramuka, disiplin dan terakhir mematuhi dasadarma.
“Jika itu memenuhi penilaian dari panitia seleksi, maka dari situlah terpilih perwakilan masing-masing,” ungkapnya, Senin (8/8) di sekretariat kwartir cabang Bombana.
Untuk diketahui, berdasarkan informasi dari pihak penyelenggara jenis kegiatan selama jambore, yakni kegiatan umum terdiri dari kegiatan keagamaan, sehari bersama pemerintah dan masyarakat, pengenalaan ke pramukaan dan kesakaan yang mana terdiri dari saka bahari, saka baktiusada, saka bhayangkara, saka kencana, saka kalpataru, saka pariwisata, saka wana bhakti, saka wira kartika, saka widyabhakti dan saka dirgantara dan kegiatan tehnologi, sosial dan budaya serta kegiatan diskusi global devolopen village.
Ia menambahkan, kegiatan tersebut berlangsung selama delapan hari sejak 13-21 Agustus. “Tentunya sepulang dari kegiatan tersebut, peserta dapat memiliki sifat kemandirian, bertanggung jawab, disiplin dari setiap aktivitas yang dilakukan, menambah pengetahuan dan pengalaman yang dapat diterapkan di lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat,”t erangnya. (k6)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top