Kapolda Beri Sanksi Juga Penghargaan – KOLAKA POS

KOLAKA POS

KOTA KENDARI

Kapolda Beri Sanksi Juga Penghargaan

Net/Ilustrasi

KOLAKA POS, KENDARI – Empat personil Polisi Daerah (Polda) Sultra Brigadir Ulhab, Briptu Andri Pratama, Briptu Samri, dan Briptu Hisman diberhentikan Tidak Dengan Hormat (PTDH), oleh Kapolda Sultra Brigjen Pol Agung Sabar Santoso.
Pemberhentian tersebut dilakukan Senin (8/8) kemarin di Mako Polda Sultra, yang berlangsung saat upacara Apel pagi. Dalam upacara tersebut Kapolda Sultra juga memberikan reward kepada 11 personil Polda Sultra yang membawa nama baik Polda Sultra saat bertanding bela diri Polri dan Judo.
Kapolda Sultra saat dikonfirmasi, mengatakan agar personil Polri khususnya Polda Sultra tidak melakukan perbuatan yang melanggar peraturan dan Undang-Undang. Dan siapa pun yang terbukti bersalah pasti dijatuhi sanksi, mulai dari yang ringan hingga PTDH. Penegasan tersebut dibuktikan kepada Brigadir Ulhab Personil Unit Pelayanan masyarakat dipecat karena kasus penganiayaan, Bribtu Andri Pratama personil Biddokkes dan Briptu Samri personil Polair Polda, keduanya dipecat karena tak pernah masuk kantor selama beberapa bulan, serta Briptu Hisman Personil Polres Kolaka Utara dipecat karena kasus pencabulan.
“Yang kami pecat hari ini, telah terbukti melanggar kode etik, dan ada yang melanggar undang-undang dan hasil pidananya sudah ada putusan pengadilan dengan vonis penjara empat sampai lima tahun. Kasus di Bau-bau yang menewaskan anggota Polri, sebenarnya itu melanggar kode etik. Karena dia mabuk, dan mabuk itu melanggar kode etik Kepolisian, bila saja dia tidak tewas dalam insiden tersebut pasti akan kami proses” tegasnya.
Selain memberi citra buruk kepada personil yang melanggar kode etik dengan melakukan PDTH, Kapolda Sultra Brigjen Pol Agung Sabar Santoso memberikan reward baik kepada 11 personil Polda Sultra, yang membawa nama baik Polda Sultra dalam bela diri Polri dan Judo dalam kejuaraan Kapolri cup 2016 di Medan Sumatra Utara. Dengan membawa pulang dua medali emas, enam medali perak dan dua medali perunggu. “PDTH dan reward yang saya berikan kepada personil Polda Sultra ini adalah, sebagai contoh kepada seluruh jajaran Polda Sultra agar menjalankan tugas dengan baik. Bila bekerja dengan baik pasti akan diberikan penghargaan, dan bila melanggar kode etik atau tidak mengerjakan tugas sebagaimana dengan aturan yang ada akan kami beri sanksi,” ujarnya.
Ia menambahkan, dengan pemberhentian ini sebagai pembelajaran bagi jajaran kepolisian dan untuk memperbaiki kinerja-kinerja dari instansi kepolisian. “Jadi harapan saya bekerjalah dengan ikhlas, agar tidak terjadi lagi hal-hal yang seperti ini,” tutupnya. (p2/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top