Kadis PK: Kedepan Kami Fokus Pemerataan Guru – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Kadis PK: Kedepan Kami Fokus Pemerataan Guru

Kadis PK Konawe, Jumrin Pagala.

Konawe Kekurangan Guru PNS

KOLAKA POS, UNAAHA – Demi memajukan mutu pendidikan yang berkualitas di setiap sekolah, baik dari tingkat dasar hingga tingkat atas, tentunya tenaga pendidik atau guru sekolah sangat berperan aktif dalam meningkatkan kualitas itu. Namun, keinginan untuk meningkatkan mutu pendidikan yang baik tidak dibarengi dengan jumlah tenaga pendidik yang ada saat ini, alhasil kualitas pemahaman kepada siswa menjadi tidak merata dan hal ini menjadi salah satu kendala terbesar di Konawe.
Hampir setiap sekolah yang berada di kecamatan, tenanga pendidik sangat dirasakan kekuranganya mulai dari tingkat dasar hingga atas, namun yang lebih nampak dari kekurangan guru tersebut dirasakan dari tingkat sekolah dasar (SD), bayangkan saja terkadang dalam satu sekolah dasar hanya diisi empat guru PNS. Hal ini sudah pasti mutu pendidikan yang diterima oleh siswa akan kurang memadai, karena jam mengajar guru tidak fokus dalam satu kelas.
Menyikapi hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konawe, Jumrin Pagala, manyampaikan bahwa kekurangan tenaga pengajar di Konawe memang sudah lama terjadi. Olehnya itu, dirinya akan berupaya agar tenaga pengajar ditambah, sehingga ada pemerataan guru yang terjadi di tiap-tiap sekolah.
“Ini karena kita kekurangan guru PNS, makanya sekarang banyak yang isi guru-guru GTT, tapi Insya Allah kedepan, ini juga sebagai masukan untuk saya dan pimpinan, untuk tambahan guru di sekolah yang kekurangan guru,” katanya.
Ia menjelaskan, untuk meningkatkan kualitas ilmu pendidikan yang diterima siswa, nantinya GTT akan didistribusikan ke beberapa sekolah, sedangkan untuk guru PNS jika ada pengangkatan juga akan didistribusikan ke wilayah yang membutuhkan, karena kendala ini jika bukan sekarang dilaksanakan maka akan menjadi tantangan terbesar ke depanya, dan hal ini akan menjadi pekerjaan lain untuk pimpinan daerah Konawe dalam mutu pendidikan.
“Tentu kekurangan-kekurangan selama ini kita akan melihat, dan saya sudah evaluasi dan ovserpasi di lapangan memang benar, dan inilah secara perlahan-lahan, kalau mungkin ada lagi nanti pengangkatan PNS mungkin sudah mereka-mereka inilah yang akan kami usulkan kepimpinan, karena saya bukan penentu, agar guru-guru di sekolah ditambah, karena ke depan tantanganya lebih berat, jika kualitas pendidikan kita lemah, maka kita tidak bisa berbuat apa-apa,” terangnya. (m4)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top