Hindari Luapan Air ke Rumah Warga, Drainase Dibangun di Desa Tanggetada. – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SAFARI DESA

Hindari Luapan Air ke Rumah Warga, Drainase Dibangun di Desa Tanggetada.

Drainase yang dibangun di Dusun IV Nelayan Desa Tanggetada.FOTO : Hasrul/Kolaka Pos

KOLAKA POS, KOLAKA – Upaya Pemerintah Desa Tanggetada Kecamatan Tanggetada dalam mengurangi luapan air yang menggenangi perumahan warganya, menjadi salah satu alasan pemerintah di desa itu untuk membangun saluran Drainase. Saluran pembuangan air yang dibangun di dusun IV sepanjang 100 meter itu dianghap sebagai sebuah solusi untuk mengurangi genangan air saat musim hujan terjadi yang sering merendam sejumlah lingkungan perumahan di daerah itu.
Seperti yang disampaikan oleh Kepala Desa Tanggetada, Yulianasari, kepada Kolaka Pos mengatakan bahwa salah satu alasan bagi Pemerintah Desa Tanggetada dalam mengurangi terjadinya luapan air yang selama ini masuk kerumah warga adalah dengan cara mengalirkan laju air saat musim hujan terjadi. Apalagi daerah permukiman warga, kata Kades memang berada di daerah yang cukup rendah sehingga sangat rentan dengan terjadinya genangan air hujan.
“Di dusun IV Nelayan ini memang kondisinya sedikit lebih rendah dibanding daerah lainnya di Desa Tanggetada. Makanya kami memprioritaskan bangunan drainase di dusun ini karena kondisinya yang memang rawan air. Semoga setelah drainase ini dibuat, tidak lagi terjadi genangan air di lingkungan permukiman warga,”kata salah satu Kades Perempuan di Kolaka ini.
Dirinya juga berharap dengan dibangunnya drainase itu, laju air dapat dialirkan ke saluran drainase induk sehingga genangan air yang selama ini menjadi langganan warga tidak terjadi lagi.
Selain drainase, Pemerintah Desa Tanggetada juga mengerjakan peningkatan jalan desa dengan kegiatan perkerasan. (cr3/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top