Dua Pekan Lagi, Rusman Emba-Malik Ditu Dilantik – KOLAKA POS

KOLAKA POS

BERITA UTAMA

Dua Pekan Lagi, Rusman Emba-Malik Ditu Dilantik

KOLAKA POS, RAHA – Rupanya pemerintah daerah (Pemda) Muna sudah menyerahkan lebih awal berkas hasil pleno KPU Muna tentang penetapan LM. Rusman Emba dan pasangannya Abdul Malik Ditu sebagai bupati dan wakil bupati (wabup) Muna terpilih 2016-2021 kepada Gubernur Sultra. Pasalnya, penyerahan berkas awal tersebut di serahkan langsung oleh Pejabat (Pj) Bupati Muna Muhammad Zayat Kaimoeddin pada Jumat (5/8) kepada Kepala Biro Pemerintahan Pemprov Sultra, La Ode Ali Akbar, sebelum DPRD Muna menggelar Paripurna pengumuman penetapan bupati dan wabup Muna terpilih tersebut pada Sabtu (6/8) lalu.
Hal tersebut diakui Pj Bupati Muna Muhammad Zayat Kaimoeddin pada wartawan saat dihubungi via celulernya, Senin (8/8) sore.
“Hari Jumat, berkas awal kami serahkan ke Karo Pemerintahan melalui stafnya. Yakni hasil putusan MK dan hasil pleno KPU. Termasuk berkas pemberhentian saya sebagai Pj Bupati,” ujar Muhammad Zayat Kaimoeddin pada Wartawan.
Menurut calon Walikota Kendari itu, berkas hasil Paripurna DPRD Muna tentang pengumuman hasil penetapan pasangan calon bupati dan wabup Muna terpilih dalam pemilihan bupati dan wabup Muna 2015 bernomor 170/198/2016 yang ditetapkan pada Sabtu (6/8) itu akan kembali diserahkan oleh Sekretaris DPRD Muna dan Kabag Hukum Pemda Muna.
“Berkas hasil Paripurna nanti diserahkan oleh Sekwan DPRD dan Kabag hukum Pemda,” kata pria yang akrab disapa Derik itu.
Olehnya itu, Derik berharap agar Gubernur Sultra, Nur Alam lekas mengirim berkas tersebut ke Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri) untuk proses pelantikan LM. Rusman Emba dan Abdul Malik Ditu segera dijalankan.
“Prosesnya di Gubernur paling lama tiga hari, setelah itu dikirim ke Kemendagri. Saya inginkan pelantikan dipercepat,” kata calon Walikota Kendari itu.
Di tempat terpisah, Kepala Biro Pemprov Sultra, La Ode Ali Akbar saat dikonfirmasi oleh wartawan membenarkan hal tersebut.
Ia telah menerima berkas hasil paripurna DPRD Muna tentang pengumuman bupati dan wakil bupati Muna terpilih.
“Sudah kami terima, tinggal diteruskan ke pak Gubernur untuk diusul ke Kemendagri,” jelas La Ode Ali Akbar.
Lanjut Kepala Biro Pemprov Sultra memaparkan, berkas yang diterimanya dari Pemda Muna meliputi, pemberhentian Pj. Bupati Muna dan pengangkatan LM. Rusman Emba dan pasangannya Abdul Malik Ditu sebagai bupati dan wabup definitif. Olehnya itu La Ode Ali Akbar memastikan jadwal pelantikan bupati dan wabup Muna terpilih dimungkinkan pada 25 Agustus depan. Dan akan diselenggarakan di Aula Bahteramas Kantor Gubernur Sultra.
“Kemungkinan dilantik dua pekan lagi,” tandasnya. (m1/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top